Cegah Kelangkaan Cabai, Pemkot Bandar Lampung Bagi-bagi Bibit Tanaman

Ilustrasi. (Ist)

BANDAR LAMPUNG – Antisipasi kelangkaan cabai di tahun 2019 mendatang, Dinas Pertanian dan Perkebunan Kota Bandar Lampung, bakal memberikan bantuan lima bibit tanaman cabai dan kangkung ke setiap rumah.

Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Kota Bandar Lampung, Agustini, mengaku, rencana tersebut dilakukan lantaran sebagai bentuk antisipasi kelangkaan rempah-rempah seperti di pasar tradisional, mengingat bahan dapur ini sempat terjadi kelangkaan di tahun 2017.

Baca Juga:  Ketua TP PKK Waykanan Ajak Warga Manfaatkan Pekarangan

“Iya kita kan belajar dari pengalaman, waktu itu (tahun 2017), bahan rempah-rempah seperti cabai sempat langka dipasaran. Nah untuk mensiasati hal tersebut kita cetuskan program setiap rumah diberikan bantuan lima bibit cabai dan kangkung,” kata dia, Senin (23/7).

Dia menjelaskan, untuk jenis cabai yang bakal diberikan yakni jenis cabai rawit. Pasalnya, sensasi rasa pedas yang diberikan si cabai dinilai mampu memuaskan lidah masyarakat dan cara perawatannya juga terbilang mudah.

Baca Juga:  Produksi Cabai Lampung Naik

“Kalau menanam cabai rawit itu gampang-gampang susah, tergantung cuaca saja. Cukup ditanam di atas terpaan sinar matahari dan disiram secukupnya sudah membuat tanaman itu subur,” ujarnya.

Untuk pengadaan bibit tanaman, pihaknya berencana akan menggelontorkan dana sebesar Rp20 Juta.

Dengan program itu, diharapkan jika kelangkaan cabai kembali terjadi, masyarakat khususnya di Kota Bandar Lampung tak begitu merasakan dampaknya.

Baca Juga:  Menteri Pertanian Klaim Stok Cabai dan Bawang Berlebih Sampai Lebaran

“Kan kalau langka bisa tuh warga tinggal memetik pohon cabai yang mereka tanam dari kami,” tandasnya.(AJ)

Cabai

Posting Terkait