Cegah Virus Corona, Bandara Radin Intan Cek Suhu Tubuh Penumpang

Tommy | Fajar Sumatera

BANDARLAMPUNG – Berbagai langkah  dilakukan Bandara Radin Intan Lampung untuk memastikan bebas dari infeksi virus corona. Salah satunya berkoordinasi dengan pihak Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kementerian Kesehatan dengan melakukan pemasangan infrastruktur seperti Thermal Scanner baik di terminal keberangkatan penumpang mupun di terminal kedatangan penumpang pesawat.

Pemasangan alat Thermal Scaner ini dilakukan guna mendeteksi suhu tubuh para penumpang pesawat, baik yang akan melakukan pemberangkatan maupun penumpang yang tiba di bandara.

Jika ditemukan suhu penumpang yang lebih dari 38 derajat celsius petugas KKP akan melakukan pendataan dan observasi terhadap yang bersangkutan untuk kemudian dilakukan pengawasan oleh pihak dinas kesehatan selama dua pekan ata masa inkubasi.

Pihak bandara juga berkordinasi dengan pemerintah daerah dalam hal ini Dinas Kesehatan Provinsi Lampung terkait tekhnis penanganan virus corona  jika ada temuan kasus penumpang yang diduga terpapar.

Kepala KKP Bandarlampung, Ermajuned mengatakan upaya pencegahan penyebaran virus corona ini akan dilakukan  tim terpadu dengan melibatkan sluruh stakeholder.

“Dinas kesehatan seluruh kabupaten kota di Provinsi Lampung untuk melakukan pengawasan secara intensif terhadap data warga yang di diduga terpapar virus corona,” kata Ermajuned, Senin.

Sementara, merebaknya penyebaran virus corona ini diakui pihak Bandara Radin Intan Lampung tidak mempengaruhi sejumlah jadwal penerbangan domestik di tanah air. Jadwal penerbanan ke sejumlah kota di tanah air masih berjalan normal.

“Pencegahan penularan virus corona masuk ke Provinsi Lampung ini setelah beredarnya informasi terkait penyebaran virus mematikan yang ditularkan melalu udara serta berkontak langsung dengan warga negara asing khususnya wisatawan asal Cina yang masuk melalui bandara penerbangan,” kata Kepala Bandara Radin Intan Lampung, Asep Kosasih. (TS)

Posting Terkait