Dana Sertifikasi Guru Lampura Segera Cair

KOTABUMI– Dalam hitungan beberapa hari ke depan, ribuan guru dan pengawas di Lampung Utara (Lampura)bakal segera menerima dana sertifikasi triwulan II. Saat ini, prosesnya hanya tinggal penyaluran dari bank penyalur ke rekening masing – masing para penerima dana sertifikasi.

“Sejak proses pencairan dana sertifikasi itu kami lakukan pada 4 September lalu, daerah langsung menyalurkan ke bank ‎penyalur untuk diteruskan ke rekening para penerima sertifikasi. Mungkin saat ini sudah ada guru yang menerima dana itu,” terang Kepala Disdikbud, Suwandi yang didampingi Kepala Seksi Kesejahteraan, Penghargaan dan Perlindungan, Amalia Umnis,  Senin (11/9).

Baca Juga:  Gubernur Lampung: Dana Sertifikasi Guru Tidak Boleh Menyimpang

‎Menurut Suwandi, proses pencairan dana sertifikasi triwulan II dilakukan secara bertahap karena para penerima sertifikasi harus terlebih dulu melewati proses validasi berkas. Jika memang berkas persyaratan pencairan dirasa sudah memenuhi persyaratan maka pihaknya akan kembali memproses pencairannya.

“Proses pencairannya memang dilakukan secara bertahap. Tapi, kami pastikan akhir bulan September ini, seluruh penerima dana sertifikasi akan sudah menerima haknya,” urainya.

Tak hanya memproses pencairan dana sertifikasi, masih menurut Suwandi, pihaknya juga telah memproses pencairan dana non sertifikasi triwulan II. Dana non sertifikasi ini diperuntukan bagi. Para tenaga pendidik yang belum mendapat dana sertifikasi.  “Total penerima dana sertifikasi tahun ini‎ mencapai 2.845 orang. Sementara total penerima dana non sertifikasi jumlahnya ada 795 orang,” terang dia.

Baca Juga:  Dana Sertifikasi Guru SMA/SMK se-Lampung Cair

Di tempat sama, Amalia menyebutkan bahwa ‎dana sertifikasi yang diterima oleh para penerima itu merupakan dana bulan April hingga Juni. Ke-2.845 tenaga pendidik dan pengawas penerima dana sertifikasi itu terdiri dari 44 guru TK, 1.987 guru SD, 718 guru SMP, dan 96 pengawas. “Untuk ke-2.845 penerima sertifikasi itu, total dana sertifikasi yang dikucurkan mencapai Rp34.277.587.620,00,” urainya.

Baca Juga:  Gubernur Lampung: Dana Sertifikasi Guru Tidak Boleh Menyimpang

Sementara mengenai total penerima dana non sertfikasi tahun ini mencapai 795 orang dengan total dana mencapai Rp594.750.000. ‎Para penerima dana non sertifikasi itu terdiri dari 47 guru TK, 632 guru SD, 109 guru SMP, dan 7 orang pengajar di Sanggar Kegiatan Belajar.

“Dana sertifikasi maupun dana non sertifikasi yang dicairkan itu merupakan dana triwulan II. Kalau untuk pencairan dana triwulan III, masih menunggu SK dari kementerian sebagai landasan pemrosesan  pencairan dana,” kata dia. (RI/IV)

Dana Sertifikasi Guru

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    Tinggalkan pesan