Daya Saing Lampung Peringkat 11 Nasional

Ilustrasi (ist)

BANDARLAMPUNG – Daya saing Provinsi Lampung berdasarkan kajian lembaga Internasional Asia Competitiveness Institute (ACI), Lee Kuan Yew School of Public Policy, National University of Singapore (NUS), terus meningkat. Dari tahun-tahun sebelumnya peringkat 16 menjadi 14, saat ini di penghujung tahun 2017 kembali naik menjadi peringkat ke-11 dari seluruh provinsi se-Indonesia.

Mewakili Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Taufik Hidayat. Sekretaris Bappeda Provinsi Lampung, Elvira Umihanni, menjelaskan bahwa secara umum dari kajian tersebut, ACI melihat empat indikator yang dipakai, yakni stabilitas, ekonomi makro, kualitas hidup, dan infrastruktur. Selain itu, kondisi fiskal, bisnis, tenaga kerja, pemerintah, dan institusi publik, ditambah penilaian untuk 12 subsektor dan 103 indikator.

Baca Juga:  Tingkatkan Daya Saing Generasi Muda Lampung, Telkomsel Gelar IndonesiaNEXT

Dari perincian empat indikator tersebut, untuk penilaian atau kajian pemerintahan dan institusi publik, mengartikan tata kelola pemerintahan di Lampung yang semakin baik. Hal ini juga berpengaruh untuk kabupaten/kota yang lain, yang menandakan bahwasanya tata kelola pemerintah mulai berjalan sama.

“Pak Gubernur M Ridho Ficardo, sempat menyampaikan dan memberikan aspirasi kepada seluruh kepala daerah se-Lampung, tata kelola pemerintahan yang baik agar tetap terjalin kedepannya,” jelas Elvira, kepada Fajar Sumatera, di Bandarlampung, Kamis (23/11).

Baca Juga:  Gubernur Pacu Daya Saing Lampung

Terkait dengan kondisi finansial, bisnis, dan tenaga kerja, dari kajian ACI menandakan, tingkat pengangguran di Provinsi Lampung meski fluktuasi selalu dibawah rata-rata Nasional. Dan dari sisi bisnis, bisa dilihat bersama secara kasat mata, pertumbuhannya cukup cepat dan pesat, seperti pertumbuhan tingkat pembangunan dan hunian hotel, wisatawan, hingga keberadaan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS).

Baca Juga:  Pemerintah Fokus Tingkatkan Daya Saing

“Ini menandakan bahwa potensi bisnis di Lampung terus berjalan naik,” tegas Elvira. (ZN)

BACA JUGA:  Ekonomi Makro Lampung Stabil

Daya Saing Daya Saing Lampung

Posting Terkait