Demo Dinas Pertambangan Provinsi, Masyarakat Lamsel Tuntut Izin PT LIP Dicabut

Jefri | Fajar Sumatera

KALIANDA – Menyikapi terkait penambangan dan pengerukan pasir di wilayah perairan Pulau Sebesi, Pulau Sebuku serta Gunung Anak Krakatau (GAK) Selat Sunda, organisasi masyarakat (ormas) Laskar Inti Bersatu Antar Suku (LIBAS) bersama perwakilan masyarakat Lampung Selatan (Lamsel) menggelar orasi di Dinas  Pertambangan dan Energi Provinsi Lampung, Senin (08/12).

Ketua Umum DPP LIBAS Khoidir menyampaikan, orasi ini mewakili masyarakat Lamsel, yang mana warga disekitar GAK merasa terganggu dan dirugikan akibat adanya penambangan yang dilakukan PT Lautan Indonesia Persada (LIP).

Baca Juga:  Soal Izin PT LIP, Pemprov Lampung Terancam Dilaporkan ke DPR RI

Senada ditegaskan  Katua DPD LIBAS Sunandar MK. Dirinya meminta dinas terkait yang ada di provinsi atau pusat untuk segera mencabut izin perusahaan tersebut  dan menolak keras adanya penambangan tersebut.

“Bila dalam orasi kami ini tidak tanggapan dan respon dari dinas terkait, kami akan melakukan kembali aksi orasi ini serta dengan anggota massa yang lebih banyak,” tegas  Sunandar.

Baca Juga:  Pasir GAK Dikeruk Kemen LHK Incar PT LIP

Menanggapi tuntutan itu, Kepala Bidang Energi dan Pertambangan, Herry Sadli menyampaikan, tuntutan tersebut disampaikan kepada atasan dan segera merespon serta memberikan kepastian seperti apa tindak dan langkah selanjutnya.

“Yang jelas kami akan berupaya utuk menanggapi masalah penambangan yang dilakukan PT LIP tersebut. Demi masyarakat banyak,  khususnya di Wilayah Lamsel,” ungkapnya.

Baca Juga:  YFMI Sosialisasi Tambang Pasir Laut PT LIP

Herry juga menyampaikan, dalam hal ini ada 4 dinas instansi pemerintahan yang terkait yakni,  Dinas Energi dan Pertambangan, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Kelautan dan Dinas Perizinan.

Setelah melakukan kegiatan orasi, perwakilan ormas Libas memberikan surat pernyataan penolakan yang dilakukan oleh PT LIP yang di tanda tangani oleh masyarakat Desa Tejang Pulau Sebesi, Rajabasa, Lamsel. (JEP)

GAK PT LIP Dicabut Pulau Sebesi Tambang Pasir

Posting Terkait