Desyadi Bungkam Soal Perannya Melobi DAK Lewat Mantan Ketua PKB Lampung

Desyadi Bungkam Soal Lobi-lobi DAK Pusat Melalui Mantan Ketua PKB Lampung

Kepala BPKAD Lampung Utara Desyadi berperan melobi DAK melalui Musa Zainudin. Foto: Ricardo/Fajar Sumatera

Bandar Lampung – Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Lampung Utara, Desyadi tidak memberikan jawaban saat dikonfirmasi mengenai peristiwa pertemuannya dengan mantan anggota DPR RI dan juga mantan Ketua PKB Lampung, Musa Zainudin.

Ia hanya diam sembari berjalan menuju pintu keluar Pengadilan Negeri Tanjungkarang usai keterangannya dinyatakan cukup oleh hakim sebagai saksi dalam kasus suap fee proyek pada Dinas PU-PR dan Dinas Perdagangan Lampung Utara, Senin (27/1/2020).

Baca Juga:  Salah Satu Pemda di Lampung Terima Gratifikasi 1 Ton Gula Senilai Rp10 Juta

Peristiwa mengenai dirinya dengan Musa Zainudin diungkapkan oleh Kadis PU-PR Lampung Utara non aktif Syahbudin di Pengadilan Negeri Tanjungkarang, Senin (13/1/2020).

Syahbudin membeberkan sejumlah tugas yang harus ditindaklanjutinya sebagai Kepala Dinas PU-PR Pemkab Lampung Utara. Tugas ini turun langsung dari pimpinannya Bupati Lampung Utara Agung Ilmu Mangkunegara alias AIM –kini bersama-sama dengan dirinya menjadi tersangka dalam kasus korupsi yang digarap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK)–.

Baca Juga:  KPK Warning Chusnunia Chalim

“Bupati minta untuk persoalan Dana Alokasi Khusus (DAK) dari pemerintah pusat mendapat atensi,” ujar Syahbudin di Pengadilan Negeri Tanjungkarang saat menjadi saksi dalam sidang terdakwa Chandra Safari –kasus yang menyeretnya menjadi tersangka–.

Singkat cerita, DAK di tahun 2016, 2017 dan 2019 terrealisasi. Menurut penuturannya, keberhasilan itu dicapai berkat komunikasi yang dijalin dengan Samsani Sudrajat yang dia tahu adalah kader PKS dan Musa Zainudin, Ketua PKB Lampung kala itu sekaligus anggota Komisi V DPR RI. Kini, Musa Zainudin tidak lagi menjabat sebagai Ketua PKB Lampung dan tidak lagi menjadi anggota DPR RI karena harus menjalani vonis atas kasus korupsi di LP Sukamiskin. (Ricardo)

Baca Juga:  KPK Cium Suap Fee Proyek PUPR Lamsel Mengalir Untuk 3 Kegiatan Parpol

Uraian Syahbudin ini sudah kami rangkum dalam dua kali pemberitaan. Pertama, Peran Desyadi Hingga Perselisihan Dengan Eks Ketua PKB Lampung Dalam Proses Lobi-lobi DAK.  Kedua, Agar DAK Rp60 M Dari Pusat Cair: Bupati Agung Ilmu Mangkunegara Bayar Rp2,5 M ke Eks Ketua PKB Lampung

 

Kasus Korupsi Lampung Utara KPK

Posting Terkait