Dewan Soroti PT TEP

KOTA AGUNG,-Komisi III, DPRD Tanggamus akan mengunjungi lokasi musibah yang menghayutkan puluhan dan memporak porandakan rumah warga di Dusun Talangseno Kalikumbang, Pekon Sidomulyo, Semaka, menyusul robohnya Bendungan PT Tredikal Elektronic Power (TEP).

Buyung Zainudin, ketua komisi III DPRD Tanggamus, mengatakan dalam waktu dekat ini pihaknya akan meninjau langsung ke lokasi secara dekat paska tragedi nahas tersebut apakah hal ini ada salahan secara tehnis maupun non tehnis.karena pihaknya akan mendatangkan tim tehnis sendiri.

Selain itu, akan memanggil pihak yang berkopenten dari perusahan pelaksanaan pembangunan untuk diklarifikasikan. “Mengapa bisa terjadinya kerusakan pada 30 meter saluran itu. Sementara dalam pelaksanannya tentu sudah ada uji kelayakan dalam uji coba untuk menghidupkan kincir yang bertenaga air tersebut,” tegas PDIP, Jumat (10/11).

Baca Juga:  Komisi III DPRD Tanggamus Segera Tinjau Lokasi Robohnya Saluran Bendungan PT TEP

Selain itu pihak DPRD akan mengetahui secara detail tragedi itu karena ditakutkan mega proyek Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) diduga pekerjaannya asal jadi. Tidak sesuai dengan tekhnik dan pengkajian secara matang oleh pihak kontruksi.

Buyung Zainudin juga sangat meragukannya pengerjaannya tidak sesuai bistek yang sudah dikaji secara ilmiah oleh tim ahli tehnik khususnya tehnik sipil.

Baca Juga:  Dewan Tanggamus Usut Musibah Semaka

Selain itu dia juga menegaskan agar pihak perusahan harus bertanggungjawab terhadap masyarakat yang harta bendanya mengalami musibah.

Baik itu rumah yang terbawa arus air hingga hilang dan yang mengalami rusak berat karena pekerjaan sekaliber ini harus menjaga mutu dan kualitas jangan pelaksanaan asal jadi dan terkesan amburadul.

Karena pihak legislatif sendiri dengan terjadinya ambrolnya ini apabila tidak segera diselesaikan kepada masyarakat yang mengalami musibah hilangnya tempat tinggal dan porak porandanya rumah warga yang terkena derasnya air dan disertai bebatuan besar berasal dari saluran tersebut.

Baca Juga:  Dewan Tanggamus Usut Musibah Semaka

Maka pihaknya akan memberikan warning keras kepada pihak perusahan yang bergerak di bidang pembangunan bendungan dan saluran tersebut.

“Bila perlu kami akan berkordinasi dengan pihak penegak hukum untuk dilakukan sebab musabab terjadinya tragedi ini bila perlu pihak yang bertanggungjawab akan dipidanakan sesuai hukum yang berlaku dinegeri kita karena secara jelas pembangunan ini mengunakan uang negara dan secara langsung dana rakyat,” paparnya.(SB/CD)

PT TEP

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    Tinggalkan pesan