Diduga Terlibat Ijon Proyek, Kadis Nuliana Diminta Mundur

Bandar Lampung – Kadis Perindustrian Lampung Tengah (Lamteng) Nurliana sudah seharusnya mengundurkan diri dari jabatan, karena diduga terlibat dalam ijon proyek di PUPR Lampung Tengah (Lamteng) senilai Rp. 200 juta.

 

Praktisi hukum Ginda Ansori mengatakan, seharusnya Proses pengadaan barang atau jasa dilakukan secara langsung melalui Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE). Agar tidak di salah gunakan oleh aparatur sipil negara.

 

“Seorang kepala dinas (ASN)  yang meminta pekerjaan yang semestinya dilakukan melalui lelang elektronik dengan menyerahkan sejumlah uang telah memenuhi rumusan perbuatan sebagaimana yang dijelaskan dalam pasal Pasal 5 UU 31 Tahun 1999 jo UU No 20 tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana korupsi, “Kata Ginda melalui pesan singkat kepada Fajarsumatera.co.id.

 

Maka itu, Perbuatan Kadis tersebut diduga telah memenuhi apa yang dimaksud dalam Pasal di atas yang menjelaskan bahwa memberi atau menjanjikan sesuatu kepada pegawai negeri atau penyelenggara negara dengan maksud supaya pegawai negeri atau penyelenggara negara tersebut berbuat atau tidak berbuat sesuatu dalam jabatannya, yang bertentangan dengan kewajibannya.

 

“Karena perbuatannya telah masuk dalam rumusan perbuatan, dalam pusaran dugaan gratifikasi mantan bupati Lampung tengah,  maka sudah seharusnya yang bersangkutan di proses sesuai dengan hukum yang berlaku dengan pengembangan perkara ini, “tegasnya

 

Selain itu, ia juga meminta kepada Penyidik KPK harus mengakomodasi pihak-pihak yang begitu “vulgar” terlibat dalam pusaran dugaan korupsi ini.

 

“karena kalau tidak ditindaklanjuti justru membuat publik bertanya-tanya dan kesannya hukum ini pandang bulu, “ucap ginda

 

Kendati demikian, Kadis Perindustrian tersebut sudah seharusnya mengundurkan diri, karena telah terlibat dalam Gratifikasi ijon proyek di lamteng, dan Kepala daerah segera mengevaluasi kinerja seorang Kadis itu.

 

” Terkait bisa dicopot atau tidak, menjadi kewenangan kepala daerah yang akan mengevaluasi akan tetapi idealnya yang bersangkutan mengundurkan diri karena telah gagal dalam mengamankan amanah yang ideal berdasarkan UU Tipikor, “tandasnya

 

Reporter :Agung Kurniawan

Kadis perindustrian lamteng nuliana

Posting Terkait