Dinas Pariwisata Pesisir Barat Gelar Pelatihan Pramuwisata

Pesisir Barat – Dinas Pariwisata Kabupaten Pesisir Barat, mengelar Pelatihan Kepada 30 Pemandu Wisata (Pramuwisata) dari 11 kecamatan,  di gedung Serba Guna Selalaw, Labuhan Jukung, Senin (24/09).

Mengingat Pemandu Wisata (pramuwisata) merupakan salah satu komponen dalam masyarakat yang memiliki Peran dan Kontribusi penting dalam pengembangan kepariwisataan di daerahnya.

Maka Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat terus mendukung keberadaan Pramuwisata  dan melakukan Pembinaan,  sehingga Para Pemandu tersebut dapat berperan lebih efektif dalam turut menggerakkan partisipasi masyarakat untuk mewujudkan lingkungan dan suasana yang kondusif bagi tumbuh dan berkembangnya kegiatan kepariwisataan di sekitar destinasi pariwisata yang ada dikabupaten Pesisir Barat.

Agus Istiqlal Selaku Bupati Pesisir Barat, yang menghadiri pelatihan Pemandu Wisata Menyampaikan Bahwa Potensi Pariwisata adalah tambang yang meskipun terus dieksplorasi tetapi nilai ekonomisnya tidak akan habis tergerus bahkan menjadi bertambah.

“kita dapat melihat hal ini melalui Negara-negara Timur Tengah seperti Uni Emirat Arab, Qatar, atau Yaman,  yang meskipun negara tersebut kaya akan hasil minyak, tetapi tetap menjadikan Sektor Pariwisata sebagai penyokong ekonomi negaranya, sehingga ketika terjadi fluktuasi terhadap nilai jual minyak, sektor ekonomi mereka tidak terguncang mengingat kunjungan wisatawannya yang tinggi, ” Ucapnya.

Lanjutnya, Terbukti dengan bertambahnya kunjungan wisatawan, baik Domestik maupun Mancanegara pada setiap tahunnya di  Kabupaten Pesisir Barat.

” Dengan potensi pariwisata yang kita miliki ini, sudah seharusnya kita bersama-sama terus mengembangkan Pariwisata kabupaten kita tercinta ini. jangan sampai potensi pariwisata ini menjadi sia-sia karena kita hanya diam dan menunggu. semua pihak harus bersama-sama saling mendukung dan bergerak dalam sinergisitas yang baik, ” Ujarnya.

Sementara, Audi Marpi Selaku Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Pesisir Barat , tujuan diadakan Pelatihan tersebut  untuk meningkatkan pemahaman kepariwisataan, meningkatkan peran serta Partisipasi masyarakat dalam membangun kepariwisataan Khususnya di Kecamatan masing- masing, meningkatkan nilai manfaat kepariwisataan bagi masyarakat dan Anggota Pemandu Wisata, dan mensuskseskan pembangunan kepariwisataan di Kabupaten Pesisir Barat. (Agus)

Pramuwisata

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    Tinggalkan pesan