Dinilai Hambat Investasi, Kementerian ESDM Cabut 32 Peraturan

Menteri ESDM Ignasius Jonan (Foto: Istimewa)

Jakarta – Sebagai langkah untuk medindak lanjuti  arahan Presiden Joko Widodo guna mendorong masuknya investasi ke Indonesia, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mencabut 32 peraturan yang dinilai menghambat investasi.

Menteri ESDM Ignasius Jonan mengatakan, seperti yang diungkapkan Presiden, selama ini indikator makroekonomi Indonesia berada dalam kondisi baik. Namun, pertumbuhan ekonomi Indonesia justru hanya mampu tumbuh di kisaran 5 persen.

Baca Juga:  Indonesia Perlu Genjot Investasi Jika Tak Ingin Tersaingi Vietnam

“Ini indikator makro semua baik, kenapa pertumbuhannya itu hanya 5,2 persen. Nah ini mudah-mudahan bisa lebih tinggi. Salah satu arahan Pak Presiden itu mengurangi perizinan, mengurangi peraturan yang dipandan bisa mendorong untuk kegiatan berusaha dan berinvestasi terutama dari sektor dunia usaha makin lama makin baik,” ujar dia seperti dilansir liputan6.com di Kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Senin (5/2/2018).

Baca Juga:  Pemkab Tulangbawang Permudah Izin Investasi

Dia menjelaskan, masing-masing Direktorat Jenderal di bawah Kementerian ESDM serta SKK Migas telah melakukan pengurangan peraturan terkait, baik itu dalam bentuk Peraturan Menteri (Permen), Keputusan Menteri (Kepmen) maupun peraturan teknis lain.

Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan mencabut 4 peraturan, Direktorat Jenderal Minyak dan Gas (Migas) mencabut 11 peraturan, Direktorat Jenderal Mineral dan Batubara (Minerba) mencabut 7 peraturan, Direktorat Jenderal Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE)  Kementerian ESDM mencabut 7 peraturan, dan SKK Migas mencabut 3 peraturan.

Baca Juga:  BEI Resmikan Dua Galeri Investasi Syariah Di Lampung

“Akibatnya dari 32 (peraturan) ini banyak perizinan di bawahnya yang didasari atas peraturan-peraturan tersebut akan dihapus. Ini akan terus dilakukan, tidak hanya 32. Jadi seminggu-2 minggu lagi akan dikurangi lagi, supaya kemudahan berusaha itu makin baik,” kata dia.

(net/hp)

Cabut 32 Peraturan Investasi Kementerian ESDM

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    Tinggalkan pesan