Dinkes Lampura Klaim Sejak Awal Gelar Rapid Test

LAMPUNG UTARA – Kadis Kesehatan Kabupaten Lampung Utara klaim lakukan rapid test sejak awal pandemi covid-19. Rabu. (03/20)

Kepala Dinas Kesehatan Lampung Utara Maya Metissa mengklaim pihaknya telah lama melakukan rapid diagnostic test (rdt) di Lampung Utara. namun pelaksanaan rdt tidak dilakukan secara massal karena adanya keterbatasan rdt.

Menurut Maya, sejak pandemi covid-19 ditetapkan Pemerintah, awalnya Lampung utara mendapat bantuan rdt dari Provinsi Lampung.

RDT itu pemeriksaan rapid test,waktu itu memang rdt cukup terbatas namun dengan adanya refocusing kegiatan dan peregeseran anggaran, rdt saat ini bisa dilakukan di setiap puskesmas. tetapi hingga saat ini dinas kesehatan belum bisa melakukan screaning massal karena terbatasnya rdt.

Dijelaskan Maya, rdt itu khusus untuk orang dengan resiko yakni pejabat publik dan petugas kesehatan, kemudian ada juga permintaan dari pihak bank, ini yang dilakukan rapid test.

Rdt itu juga bisa dilakukan sampai tingkat puskesmas,sekarang sudah lebih dari cukup jumlahnya, dipuskesmas sudah tersedia RDT.

Posting Terkait