Dinkes Way Kanan Ajak Masyarakat Stop BAB Sembarangan

Dinkes Way Kanan Ajak Masyarakat Stop BAB Sembarangan

Ilustrasi. (net)

WAY KANAN – KEPALA Dinas Kesehatan Kabupaten Waykanan Farida Aryani mengatakan terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat untuk melaksanakan program kesehatan untuk mewujudkan daerah setempat bersih dan sehat.

Dia menambahkan, kegiatan dan sosialisasi terhadap masyarakat tentang bagaimana menjaga pola hidup sehat itu sangat penting. Khussusnya untuk mendukubg Program-program kerja untuk capaian visi misi Bupati dan wakil bupati tersebut, Senin (19/2/18)

Pada tahun ini,  program Open Defecation Free (ODF) atau Stop Buang Air Besar sembarangan bisa tercapai 100% di awal 2019 mendatang. Karena sampai saat ini masih banyak masyarakat yang buag air besar seembarangan.

Baca Juga:  Pemkab Way Kanan Sosialisasi Program Indonesia Sehat

“Untuk Program ODF saat ini sudah berjalan di tengah masyarakat Way Kanan.  Namun capaianya  belum 100 %,”ujar Kepala Dinas Kesehatan Waykanan, Farida Aryani.

Masyarakat Way Kanan dapat membantu terwujudnya capaian program tersebut. Jika program ini ditahun 2019 terwujud.  Maka Way Kanan bisa menjadi daerah bersih dan sehat 2021.

Melaraskan program ODF itu, Dinas Kesehatan setempat juga telah menerapkan program kementerian kesehatan yakitu,  Program Indonesia sehat dengan pendekatan keluarga (PIS-PK) Dalam mendukung Gerakan masyarakat hidup sehat (Germas) di tahun 2018.

Baca Juga:  Rakor Dinas Kesehatan Way Kanan Evaluasi Kinerja Puskesmas

Khusus untuk program PIS-PK saat ini sudah berjalan di 11 Puskesmas yang ada di Waykanan. Namun dari hasil laporan sementara, baru Puskesmas di Kecamatan Waytuba yang telah mencapai 100% dalam menjalankan program PIS-PK sedangkan sisanya belum tercapai karena adanya beberapa kendala.

“Target nya 2018 masyarakat Way Kanan harus  bebas dari kebiasaan buang air besar sembarangan sesuai dengan program Bupati yaitu program (ODF) dan masyarakat juga harus sudah didatangi atau dikunjungi oleh petugas kesehatan sesuai dengan program PIS-PK, sehingga program utama ODF dan PIS-PK ini bisa tercapai 100%,”kata Farida. (*)

287 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Dinkes Way Kanan Stop BAB Sembarangan

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    Tinggalkan pesan