Direktorat Reskrimsus Polda Lampung Menang Telak!

Direktorat Reskrimsus Polda Lampung Menang Telak!

Foto: Ist

BANDAR LAMPUNG – PERMOHONAN praperadilan yang diajukan Elyana Subekti melalui kuasa hukumnya Henry Indraguna dan Rekan di Pengadilan Negeri Kelas IA Tanjungkarang, pada Selasa (24/4/2018) memasuki agenda putusan.

Hakim Tunggal perkara Nomor 03 Tahun 2018 yakni Mansyur SH telah membacakan putusan yang pada intinya :

  1. Menolak permohonan Praperadilan untuk seluruhnya.
  2. Menyatakan surat perintah penghentian penyidikan/SP3 yang diterbitkan Dit Reskrimsus Polda sah berdasarkan hukum.
  3. Membebankan biaya perkara kepada Pemohon sebesar nihil.
Baca Juga:  Tak Terima Nama Ibunya Salah Ketik, Arie Nekat Pecahkan Kaca

Dalam pertimbangan hukumnya, Hakim Tunggal, menurut Advokat Yulizar Fahrulrozi Triassaputra yang mewakili Termohon Dir Reskrimsus Kombes Pol Aswin Sipayung menyampaikan bahwa Hakim menyatakan tindakan penghentian penyidikan.

Sehubungan perkara dugaan tindak pidana praktek kedokteran yang dilakukan oleh dokter Robot Setiadi dari Klinik Skin Rachel adalah sah berdasarkan hukum sebagaimana yang diatur dalam Pasal 109 Ayat (2) KUHAP secara limitatif menyatakan kewenangan penyidik dalam menghentikan antara lain dengan alasan tidak diperoleh bukti yang cukup, apabila penyidik tidak memperoleh cukup bukti untuk menuntut tersangka atau bukti yang diperoleh penyidik tidak memadai untuk membuktikan kesalahan tersangka.

Baca Juga:  DD Ditangkap Saat Asyik Nyabu

Menurutnya lagi Penyidik telah melaksanakan tahapan penyidikan sampai dengan pemberitahuan dihentikannya perkara kepada Pemohon.

Selain itu menurut Yulizar yang mewakili Tim Advokat Bidang Hukum menyatakan Ahli Pidana yang dihadirkan kami menjelaskan penghentian penyidikan merupakan kewenangan dan domein penyidik, dengan dilakukan penghentian penyidikan telah memberikan kepastian hukum.

Hakim tunggal juga menegaskan dalam putusan langkah penyidik telah sesuai KUHAP dan Peraturan Kepolisian Nomor 14 tahun 2012 tentang Manajemen Penyidikan.

Baca Juga:  Polres Tanggamus Buka Workshop Bhabinkamtibmas

Kabidkum Polda Lampung AKBP Herry Setyawan SIK MH pada saat dikonfirmasi mengenai keberhasilan anggotanya mengatakan,” Alhamdulillah sukses berkat kinerja rekan-rekan yang luar biasa gigih.” (*)

3,410 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Direktorat Reskrimsus Polda Lampung Skin Rachel

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    Tinggalkan pesan