Dirjen Perkebunan Apresiasi Kopi Lampung

Petani Kopi

Ilustrasi. (net)

LIWA– Direktur Jenderal (Dirjen) Perkebunan Bambang mengapresiasi produktifitas dan kualitas kopi Lampung. Selain berkontribusi besar terhadap produksitifitas kopi nasional, kopi Lampung juga sangat diminati dunia internasional.

Meski begitu, secara khusus Bambang meminta agar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Barat terus meningkatkan budidaya agar menghasilkan produktifitas tinggi dan kualitas yang semakin baik.

Baca Juga:  Pemprov Lampung Gagas Era Baru Penjualan Kopi

“Kopi di Lampung Barat sudah bagus. Akan tetapi, jangan berbangga dahulu. Mari bekerja sambil belajar bagaimana membudidayakan kopi dengan baik. Tata kelola yang baik akan memberikan manfaat yang lebih besar kepada petani,” kata dia dalam rilisnya saat berkunjung ke Pekon Rigis Jaya, Kecamatan Air Hitam, Kabupaten Lampung Barat.

Dia mengatakan, kopi yang tumbuh subur di Indonesia merupakan suatu kekayaan. Namun, masih banyak yang belum sadar akan hal itu.

Baca Juga:  Harga Kopi di Lampung Anjlok

“Saat migas dan energi fosil habis, tentu kita butuh energi. Maka, jawabannya adalah perkebunan,” ujarnya.

Bupati Lampung Barat Parosil Mabsus menyatakan, kopi robusta merupakan salah satu produk unggulan kabupaten setempat. Lampung Barat merupakan salah satu produsen kopi terbesar di Provinsi Lampung. Luas areal mencapai 53.611,5 hektare (Ha) dan produksi mencapai 57.664,4 ton.

Baca Juga:  Even Hari Kopi Internasional Akan Digelar Lampung

“Dalam upaya meningkatkan produksi dan produktivitas kopi, kami telah meluncurkan kegiatan intensifikasi tanaman kopi. Komponennya berupa bantuan pupuk NPK untuk 650 KK petani yang masuk dalam kategori miskin,” kata dia.(*)

Direktur Jenderal (Dirjen) Perkebunan Kopi lampung

Posting Terkait