Disdikbud Pesawaran Siapkan UNPK SD-SMP

Ilustrasi/Ist

GEDONGTATAAN-Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tingkat sekolah dasar  (SD) dan sekolah tingkat menengah pertama (SMP) sudah di depan mata. Menghadapi hal tersebut Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Pesawaran terus mematangkan persiapan.

Hal tersebut di sampaikan Kepala Bidang Pendidikan Dasar (Kabid Dikdas) Abul Hayat mewakili Kepala Disdikbud Kabupaten Pesawaran, Fauzan Suaidi, Kamis (6/4). Menurut Abul, menghadapi UN setingkat Sekolah Menengah Pertama, Disdikbud Kabupaten Pesawaran akan menerapkan sistem Ujian Nasional Pensil Kertas (UNPK).

Baca Juga:  SMA/SMK se Lampung Ditargetkan Ikut UNBK

“Sejauh ini, untuk menghadapi ujian Nasional setingkat SMP, kita akan melakukan sistem UNPK,” terangnya.

Menurut Abul, pada tahun ini pihaknya belum dapat memastikan jika UN setingkat SMP akan dilakukan dengan menggunakan sistem komputer. “Kalau kita mau melaksanakan UN dengan berbasis Komputer, saat ini kita terkendala dengan sarana, jadi sepertinya masih menggunakan UNPK seperti yang biasa dilakukan,” ujarnya.

Baca Juga:  Teknologi Dorong Inovasi dan Perluas Akses Pendidikan

Ditambahkannya, saat ini pihaknya juga telah mempersiapkan segala hal mengenai pelaksanaan UN setingkat SMP di Kabupaten Pesawaran. “Memang sampai sekarang belum ada ajuan, tapi kita sudah membentuk tim dalam menghadapi pelaksanaan ujian Nasional setingkat SMP,” tambahnya.

“Sehingga, kalau sudah ada arahan mengenai pelaksanaan UN kita sudah siap, seperti pendistribusian soal dan lembar jawaban hingga ke pulau-pulau nanti kita sudah siap,” imbuhnya.

Baca Juga:  UKM-BS Sukses Gelar UBL CAC

Ia pun menerangkan bahwa pada tahun ini pihaknya juga akan menghadapi Ujian Sekolah Berstandar Nasional untuk tingkat SD dan Ujian Nasional Berbasis Komputer untuk setingkat SMP. “Makanya kami tengah mempersiapkan seluruh persiapan dalam hal pelaksanaan ujian untuk siswa setingkat Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama,” tutupnya. (MH/PS)

641 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini

Pendidikan UN

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    Tinggalkan pesan