Dishub Lampung Rutin Cek Kendaraan Bus Mudik Lebaran

Foto (Istimewa)

BANDARLAMPUNG – Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Lampung, telah melakukan pengecekan kelaikan kendaraan bus yang akan digunakan untuk mengangkut penumpang mudik lebaran 2017.

“Cek kelaikan telah kita lakukan pada tanggal 29 Mei 2017 yang lalu juga serentak di kabupaten/kota. Jadi pengecekan kendaraan bus kita lakukan tiap hari,” jelas Kepala Bidang Teknik, Sarana, dan Prasarana (TSP) Dinas Perhubungan Provinsi Lampung, Yudi Hendra.

Lanjutnya, Dari hasil pemeriksaan ada 247 bus yang kita lakukan cek kendaraan yang layak jalan pada hari Senin 29 Mei 2017 sampai dengan Rabu 07 Juni 2017. “Terdapat 129 bus kendaraan bus yang laik jalan dan 118 kendaraan bus yang tidak layak,” tukasnya.

Menurut Yudi, cek kelaikan kendaraan akan dilakukan tiap harinya mulai dari H-7 hingga H+7, sehingga bagi kendaraan yang yang terdapat tidak layak untuk digunakan pada lebaran nantinya masih diberikan toleransi untuk dapat diperbaiiki segera sebelum memasuki H-7.

“Kalau memang tidak ada perbaikan hingga waktu yang ditentukan, maka pihaknya akan melarang bus tersebut digunakan untuk mengangkut penumpang mudik lebaran, x jelasnya.

Selain itu Yudi menjelaskan, bahwa cek kelaikan kendaraan mempunyai persyaratanya yaitu, mempunyai buku uji/struk di kartu pengawasan (Kp.trayek) yang masih berlaku. “Untuk unsur teknis utama yaitu, sistem penerangan lampu utama, sistem pengereman, badan kendaraan, ban, dan perlengkapan lainya,” tandasnya.(ZN)

Bus Lebaran

Posting Terkait