Disnakkeswan Tubaba Pantau Kesehatan Hewan Kurban

PANARAGAN–Disnakkeswan Tulangbawang Barat Turunkan Tim Pantau Kesehatan Hewan Kurban Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakkeswan) Kabupaten Tulang Bawang Barat menerjunkan tim di beberapa lokasi pemotongan hewan kurban yang tersebar di berbagai masjid dan mushola di 9 kecamatan, Selasa (20/07).

Kepala Disnakkeswan Tubaba drh Nazaruddin MM menjelaskan, tim tersebut beranggotakan 4 dokter hewan dan 15 petugas inseminator serta 2 paramedik. Mereka bertugas memeriksa kesehatan hewan yang dipotong.

“Sampai hari ini tidak ditemukan adanya permasalahan atas hewan kurban yang dipotong oleh umat Islam di Tubaba. Dan kita memang beberapa hari menyambut Idul Adha telah melakukan pemantauan dan pemeriksaan di beberapa kandang dan lokasi penjualan hewan kurban untuk memastikan bahwa hewan yang akan dipotong benar-benar layak. Mudah-mudahan sampai hari terakhir pemantauan besok tidak ada permasalahan menyangkut kesehatan hewan kurban di Tubaba,” demikian kata Nazaruddin, Rabu (21/07).

“Kegiatan pemantauan kesehatan hewan kurban di Kabupaten Tulang Bawang Barat telah dilaksanakan mulai dari tanggal 14 Juli yang lalu, dan akan berlangsung hingga besok Kamis tanggal 22 Juli 2021,” tambahnya.

Pemeriksaan hewan kurban meliputi pemeriksaan sebelum pemotongan (ante mortem) dan pemeriksaan sesudah pemotongan (post mortem).

Pada prinsipnya, pemeriksaan dilakukan untuk memastikan kelayakan hewan kurban, antara lain tidak menunjukkan gejala klinis penyakit hewan menular dan menentukan status hewan tersebut dapat dipotong, ditunda atau tidak boleh dipotong.

Disnakkeswan Tubaba juga telah mensosialisasikan kepada takmir masjid dan panitia kurban untuk menerapkan protokol kesehatan dalam pelaksanaan pemotongan hewan kurban. RZ.

Posting Terkait