Dititip di Rutan Bandar Lampung: Agung Ilmu Mangkunegara Disebut Mengidap Penyakit Kejiwaan

Dinasti Politik dan Family Corruption di Lampung Utara, Haruskah Muncul Tersangka Baru?

Bupati Lampung Utara Agung Ilmu Mangkunegara menatap tajam ke arah majelis hakim saat menjadi saksi di Pengadilan Negeri Tanjungkarang. Foto: Tommy Saputra/Fajar Sumatera

Bandar Lampung – Bupati Lampung Utara non aktif Agung Ilmu Mangkunegara resmi menjadi tahanan titipan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas I A Bandar Lampung, Senin (17/2/2020).

Saat dititipkan, Kuasa Hukum Agung Ilmu Mangkunegara, Sopian Sitepu menyampaikan kondisi kesehatan secara umum dari kliennya. Pada kesempatan itu juga, ia menyebut kondisi kesehatan yang sebenarnya dari Agung Ilmu Mangkunegara. Sampai-sampai, anak dari anggota DPR RI Tamanuri itu disebut telah menjalani perawatan di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto lebih dari tiga kali.

“Keadaannya sehat. Sebenarnya kalau Pak Agung ini dari sebelum ada persoalan itu, dia memang mengidap penyakit psikologi, kecemasan. Jadi pada saat di Bandar Lampung pun, dia rutin check-up. Artinya menjalani perawatan di salah satu rumah sakit,” kata Sopian Sitepu saat diwawancarai awak media di Rutan Kelas I A Bandar Lampung.

Perawatan yang dijalani Agung Ilmu Mangkunegara di RSPAD Gatot Subroto disebut berlangsung selama menjalani masa tahanan di tingkat penyidikan. Sehingganya, kuasa hukum merasa khawatir dengan kondisi kesehatan dari kliennya manakala perkara korupsi yang disangkakan mulai berjalan di pengadilan.

“Dan pada saat ditahan di KPK juga, dia selama lima kali itu mengikuti perawatan di rumah sakit RSPAD. Dan itu yang kita khawatirkan, artinya supaya kesehatannya tidak memburuk sehingga nanti setiap mengikuti persidangan. Kami prinsipnya supaya Pak Agung sehat,” ujarnya. “(Agung Ilmu Mangkunegara) Sakit cemas, kejiwaan. Sering cemas,” timpalnya lagi.

Untuk diketahui, Agung Ilmu Mangkunegara sebentar lagi akan menjalani proses persidangan di Pengadilan Negeri Tanjungkarang. Selain menitipkan Agung di Rutan, KPK juga telah melimpahkan berkas perkaranya ke majelis hakim. Menurut KPK, persidangan untuk kasus korupsi itu akan digelar pada bulan Maret. (Ricardo)

Posting Terkait