DKPP RI perintahkan rehabilitasi nama baik teradu

Bandar Lampung – Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) Republik Indonesia akan merehabilitasi nama baik teradu yaitu Ketua Fatikhatul Khoiriyah dan seluruh anggota Bawaslu Lampung Iskardo P. Panggar, Adek Asy’ari, Muhammad Teguh, Hermansyah, Tamri, dan Karno Ahmad Satarya.

Hal itu disampaikan nya saat sidang perdana putusan perkara dengan nomor : 69-PKE-DKPP/II/2021. Dalam putusan perkara tersebut DKPP RI menolak laporan dari pengadu yaitu Koalisi Rakyat Lampung Untuk Pemilu Bersih (KRLUPB), Rabu (7/4).

“Merehabilitasi nama baik teradu 1 selaku Ketua Fatikhatul Khoiriyah, Iskardo P. Panggar, Adek Asy’ari, Muhammad Teguh, Hermansyah, Tamri, dan Karno Ahmad Satarya masing
– masing Anggota Bawaslu provinsi Lampung setelah putusan ini dibacakan,” kata Ketua DKPP Dr. Alfitra Salamm, APU .

Menurut DKPP, para teradu sudah terbukti menjalankan prinsip Profesional sesuai standar dan hasilnya dapat dipertanggung jawabkan. Bahkan pendiskualifikasi an Paslon nomor urut 3 Eva Dwiana-Deddy Amarullah telah dibenarkan secara Hukum.

“Berdasarkan penilaian fakta memeriksakan keterangan selama sidang pemeriksaan DKPP, para teradu tidak terbukti melanggar kode etik,” tutupnya.

Disisi lain, Ketua Bawaslu Lampung, Fatikhatul Khoiriyah mengucap syukur terhadap keputusan DKPP RI yang telah memutuskan untuk menolak sepenuhnya gugatan KRLUPB.

“Alhamdulillah, semoga semakin menguatkan kewenangan yang dimandatkan oleh Undang-Undang dan kami bisa lebih maksimal dan profesional dalam menjalankan tugas,” balasnya, melalui aplikasi Whatsapp, Rabu (7/4).

Reporter : M. Yunus Kedum

Posting Terkait