DPMD Lambar Bahas Proses Capturing Kartu Ide Hasil Bursa Inovasi Desa

LAMPUNG BARAT– Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Lampung Barat melakukan rapat mengenai pembahasan proses capturing kartu ide hasil bursa inovasi desa di Cafe dan Resto Sari Rasa, Kecamatan Balik Bukit, Kamis (08/11).

Rapat tersebut diikuti oleh beberapa perwakilan OPD Lambar diantaranya Dinas PMD, Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, Dinas Kominfo, Dinas Koperindag, TA P3MD Kabupaten Lambar, IPPMI Kabupaten Lambar serta Bappeda.

Sekretaris Dinas PMD Mat Sukri, S.Sos., MM mengatakan bahwa tujuan Program Inovasi Desar (PID) tersebut secara umum bertujuan untuk mendorong penggunaan dana desa yang lebih Berkualitas efektif dan efisien, melalui berbagai kegiatan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa yang lebih inovativ dan peka terhadap kebutuhan masyarakat desa.

Selain itu, dalam jangka menengah upaya tersebut diharapkan mendorong produktivitas dan pertumbuhan ekonomi perdesaan serta membangun kapasitas desa yang berkelanjutan untuk meningkatkan kesejahteraan sosial dan ekonomi masyarakat serta kemandirian desa. Hal tersebut sesuai dengan arah dan kebijakan serta sasaran Kementerian Desa PDTT pada RPJMN 2015-2019.

Salah satu manfaat dari pelaksanaan PID desa tersebut adalah adanya fasilitasi dan pendampingan untuk saling bertukar pengetahuan dan belajar kegiatan pembangunan serta pemberdayaan masyarakat yang inovatif dengan desa lainnya.

Serta adanya fasilitasi dan pendampingan untuk merencanakan dan melaksanakan kegiatan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat yang lebih inovatif, sesuai priorolitas kebutuhan masyarakat desa dan mendukung program-program prioritas Kementerian Desa, PDT dan Transmigrasi.

Sedangkan untuk penerima manfaat utama dari PID adalah desa-desa sesuai dengan ketentuan program, secara lengkap tekhnis pelaksanaan kegiatan akan diterbitkan Petunjuk Tekhnis Operasional (PTO) sebagai pedoman pelaksanaan kegiatan bagi seluruh pelaku yang terlibat. (Fb)

DPMD Lambar Kartu Ide ursa Inovasi Desa

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    Tinggalkan pesan