DPMP Tertibkan Izin Usaha

Ilustrasi Izin Usaha. (Ist)

TULANGBAWANG—Dinas Penanaman Modal dan Perizinan (DPMP) Kabupaten Tulangbawang menghimbau kepada seluruh pelaku usaha di wilayah setempat agar segera melengkapi berkas administrasi terkait surat izin usaha pada tahun 2017.

“Harus segera dilengkapi. Kalau sampai Mei ini belum juga kita akan segera melakukan penertiban secara tuntas terhadap kelengkapan surat izin usaha di Tulangbawang,” ujar Kepala DPMP Kabupaten Tulangbawang, Doni Agung Wibawanto, Rabu (3/5).

Penertiban tersebut akan dilakukan pihaknya secara mendadak atau secara sidak diam-diam terhadap masing – masing pemilik usaha.

“Dalam sidak itu kami pun tidak akan memberi tahu terlebih dahulu baik secara lisan ataupun tertulis kepada seluruh pemilik usaha nantinya,” katanya.

Doni mengancam bila dalam sidak ataupun penertiban tersebut pihaknya tidak akan pandang bulu terhadap masing-masing perusahan baik skala besar maupun kecil.

“Jadi tanpa terkecuali. Semuanya akan diperiksa di tempat mengenai kelengkapan dokumen surat izin usahanya mulai dari awal berdiri sampai sekarang ini seluruhnya akan periksa secara detail dan sesuai aturan hukum,” terangnya.

Apabila dalam kegiatan sidak penertiban tersebut kedapatan ada oknum perusahan yang terbukti tidak memiliki kelengkapan administrasi terhadap dokumen surat izin usaha, maka pihaknya tidak akan segan-segan mengambil tindakan tegas berupa penyegalan usaha.

“Bahkan bila perlu akan kami tutup sementara sampai yang bersangkutan menyelesaikan masalah tersebut sesuai prosedur hukumnya,” tegasnya.

Untuk itu, ia meminta kepada seluruh masyarakat se-Tulangbawang agar dapat segera melengkapi dokumen adminitrasi terkait surat izin usaha. Dokumen itu berupa surat izin usaha, seperti Surat Izin Usaha Perdangangan (SIUP), Surat Ijin Tempat Usaha (SITU), Tanda Daftar Perusahan (TDP) dan Izin Mendirikan Bangunan (IMB).

“Semuanya harus dilengkapi dan harus dalam keadaan aktif atau belum habis masa waktunya. Agar pada saat kami sidak nantinya semua sudah siap dan tidak terjadi hal yang tidak inginkan demi kelancaran jalanya usaha perekonomiaan masyarakat Tulangbawang kedepan,” urainya.

Doni menghimbau kepada seluruh msyarakat Tulangbawang agar kiranya bisa datang langsung ke kantor perizinan jika hendak membuat atau memperpanjang seluruh perizinan.

“Untuk menghindari calo ataupun penipuan oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab maka sebaiknya datang langsung ke kantor. Kami sudah siapkan pelayanan yang maksimal,‎” pungkasnya.(FS/MR)

Posting Terkait