DPRD OKI Minta Rumdis Tak Layak Pakai Dimusnahkan

Fajarsumatera.co.id OKI.
Fasilitas rumah dinas disediakan oleh pemerintah guna menambah semangat dan gairah kerja para pegawai negeri. Agar pengaturan rumah negara dapat efektif dan efisien, pemerintah sangat berperan untuk mewujudkan ketertiban daya guna pengadaan, penghunian, pengelolaan, dan pengalihan status dan hak atas rumah negara.

Namun apalah arti dan kegunaan rumah dinas bila tidak dihuni dan tidak dipelihara apalagi dibiarkam hingga rusak parah.

Seperti yang terjadi pada beberapa rumah dinas pejabat di OKI, selain tidak dihuni apalagi dipelihara, rumah dinas tersebut ditumbuhi pepohonan yang begitu rindang sehingga terlihat angker.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Komisi III DPRD OKI Made Indrawan dari Fraksi PDI Perjuangan angkat bicara “kalau Rumah Dinas kembali ke BPKAD OKI”, cetusnya.

Lanjutnya, sebagai fungsi pengawasan, rumah dinas yang tidak layak atau tidak dipergunakan seharusnya didata dengan baik, dan difungsikan dengan sebaik-baiknya, difungsikan sesuai dengan fungsinya itu untuk apa, untuk rumah jabatan siapa.

“Kalau tidak difungsikan dihanguskan saja, dirobohkan saja”, tegasnya.

Kalau tidak dihanguskan saja, dirobohkan saja jadi tidak menjadi beban keuangan negara untuk memperbaiki, kalau tidak ada dana kan lebih baik dihanguskan saja, dihapuskan bangunan tersebut dari aset daerah sehingga tidak menjadi tanggungjawab daerah dalam pemeliharaannya, tandasnya (19/10)

Sebelumnya Kepala Badan Pengelolaan Keuangan fan Aset Daerah (BPKAD) OKI Mun’im menjelaskan, kita sudah usulkan ke Perkim untuk dianggarkan, apakah ada anggaran yang tersedia. Karena itu memang menjadi perhatian kita juga.

“Rumah-rumah dinas itu sudah ada peruntukannya, kedepan SK pak Sekda atau pak Bupati ada penunjukkannya”.

Mestinya ada yang menunggu dan dipelihara. Kadang-kadang tidak ditunggu apalagi tidak dipelihara. Nantinya rumah-rumah dinas itu nantinya biar OPD-OPD terkait yang menanganinya karena bila melalui PU sendiri agak lama, tandasnya.
(Aliaman)

Posting Terkait