Driver Ojek Online Dapat Bantuan Hukum Gratis

BANDAR LAMPUNG – Semakin tingginya mobilitas dan aktivitas masyarakat menyebabkan kebutuhan akan adanya suatu aplikasi yang dapat memudahkan dalam segala transaksi sehari-hari menjadi suatu keharusan.

Direktur Kantor Hukum Wahrul Fauzi Silalahi (WFS) memberikan fasilitas bantuan hukum gratis kepada driver ojek online yang tergabung dalam Komunitas Ojek Online Bersatu (KOOBER) Lampung.

“Perlindungan hukum bagi pengemudi ojek online merupakan bagian dari komitmen kami untuk mewujudkan keadilan rakyat,” kata Wahrul dalam sambutannya saat penandatanganan kerjasama bantuan hukum dengan KOOBER di Kantor WFS jalan Khairil Anwar, Durian Payung Tanjung Karang Pusat, Kamis (18/10).

Baca Juga:  Kesian!! Lama Menunggu Ibu Ini Tak Kunjung Dijemput Driver Goblek

Pengacara rakyat ini juga menyampaikan pertumbuhan jumlah perusahaan transaksi dan transportasi berbasis aplikasi dewasa ini adalah hal yang sangat menggembirakan dan persoalan hukum lain yang tak kalah penting adalah status hukum serta perlindungan pengemudi.

Dari berbagai jenis layanan transportasi online, pertama ada yang melibatkan tiga pihak yaitu perusahaan, penyedia layanan dan konsumen. Kedua ada yang empat pihak yaitu perusahaan, penyedia layanan, merchant/restoran dan konsumen.

Baca Juga:  Presiden Terima Perwakilan Driver Ojek Online di Istana

Penyedia layanan atau pengemudi bukan pekerja bagi perusahaan aplikasi. Hal serupa dapat dlihat pada perusahaan transportasi online yang menyebut pengemudi sebagai mitra, bukan pekerja.

“Pada dasarnya setiap mitra pengemudi bekerja bagi dirinya sendiri. Sehingga perlu perlindungan hukum,” tutur calon anggota DPRD Provinsi Dapil Lampung Selatan dari Partai Nasdem ini.

Ketua KOOBER Lampung Budiono mengatakan semua pengemudi transportasi online juga memerlukan perlindungan hukum sama seperti konsumen.

Baca Juga:  Presiden Terima Perwakilan Driver Ojek Online di Istana

“Kami juga minta kepada WFS untuk memperjuangkan hak-hak para Driver di DPRD Lampung agar dibuatkan Peraturan Daerah Tentang Transportasi Online sebagai perlindungan hukum pengemudi,” harapnya. (*)

Bantuan Hukum Gratis Driver Ojek Online

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    Tinggalkan pesan