Dua MTs Siap Gelar UNBK Bulan Mei Mendatang

Ujian Nasional Berbasis Komputer – Ilustrasi (ist)

BANDAR LAMPUNG – Dua dari 686 Madrasah Tsanawiyah (MTs) akan melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementrian Agama (Kemenag) Provinsi Lampung, Suhaili menjelaskan, dua MTs tersebut yakni MTsN 1 dan MTsN 2 Bandarlampung.

“Banyak MTs yang belum bisa UNBK karena keterbatasan fasilitas. Tadinya di Metro sempat menyatakan siap, namun belakangan ternyata sarana belum memadai,” kata Suhaili,  Selasa (25/4).

Menurut dia, jumlah MTs yang menyelenggarakan UNBK akan bertambah. Sementara, Kepala MTsN 2 Bandar Lampung Nurhadi mengaku telah menyiapkan 136 unit  komputer, termasuk cadangan, untuk 371 peserta.

Baca Juga:  Pelaksanaan UNBK Sempat Terhenti

Pihaknya mengaku, akan menyiapkan empat lokal untuk UNBK yang akan diselenggarakan 2,3,4 dan 8 Mei 2017. “Sarana kami sudah siap, antara lain komputer dan generator. Jumlah komputer sudah mencukupi sepertiga dari  jumlah siswa, sesuai ketentuan Kemendikbud,” kata Nurhadi, melalui pesan singkat.

Seperti diketahui, Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, M Nur Kholis Setiawan, mengatakan lebih dari 4.000 madrasah tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA) siap untuk menggelar Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Dan Provinsi Lampung sebelumnya ada 3 menjadi 2 akibat belum ada kesiapan.

Baca Juga:  Bupati Waykanan Tinjau Pelaksanaan UNBK

“Tahun ini total 4425 madrasah tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA) yang siap UNBK, terdiri 2063 MTs dan 2362 MA,” kata Nur Kholis.

Ia mengatakan terjadi peningkatan UNBK dibanding tahun ajaran 2015/2016 karena pada periode tersebut hanya ada 98 MTs dan MA yang menggelar UNBK. Perluasan pelaksanaan UNBK, ditujukan untuk meningkatkan efisiensi, mutu, reliabilitas, kredibilitas dan integritas ujian di lingkungan madrasah.

Baca Juga:  MKKS Optimis UNBK Tahun Depan

Sampai saat ini, lanjut dia, Kementerian Agama di tingkat kabupaten/kota dan provinsi terus berkoordinasi dengan dinas pendidikan kabupaten/kota dan provinsi dalam melakukan verifikasi madrasah pelaksana UNBK.

Lanjutnya, penyelenggaraan UNBK tidak bisa dilakukan serentak tapi bertahap. UNBK, kata dia, tidak bisa dipaksakan karena terkait dengan kesiapan madrasah terkait perangkat keras yang mendukung UNBK. Untuk madrasah yang belum siap masih akan menjalankan UN tulis berbasis kertas.(ZN)

633 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini

UNBK 2017

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    Tinggalkan pesan