Dubes Iran Tukar Pengalaman Pemberantasan Korupsi dengan KPK

Dubes Iran untuk Indonesia, Valiollah Mohammadi berjalan meninggalkan Gedung KPK, Jakarta, Rabu (7/3). Dubes Iran melakukan pertemuan dengan pimpinan KPK membahas upaya pemberantasan korupsi bersifat lintas negara. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Jakarta – Didampingi delegasi dan parlemen Iran, Duta Besar (Dubes) Iran untuk Indonesia Valiollah Mohammadi Nasrabadi mendatangi kantor Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Kedatangannya untuk bertukar pengalaman mengenai pemberantasan korupsi.

“Kami datang kemari bersama tim dan membagi pengalaman dan menempa pengalaman pemberantasan korupsi di Indonesia,” ujar Valiollah Mohammadi di Gedung KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, seperti yang dilansir dari liputan6.com, Rabu (7/3/2018).

Mohammadi mengatakan, dalam pertemuan tersebut juga membahas soal pemberantasan korupsi dalam berbagai sektor. Pemerintah Iran, ingin mengetahui pengalaman KPK dalam pemberantasan korupsi, karena bertanggung jawab terhadap peraturan penanganan hukum.

“Kami punya komisi yang sama di Iran dan timnya dari parlemen bertanggung jawab pengaturan dan penanganan hukum,” jelas dia.

Sementara itu, Juru Bicara KPK Febri Diansyah menjelaskan ada beberapa hal yang dibahas dalam pertemuan yang berlangsung selama dia jam ini. Salah satunya adalah tentang tindak lanjut kerja sama KPK dengan The General Inspection Organization (GIO) Iran, serta bagaimana negara mengatur pengelolaan sumber daya alam minyak dan gas.

“Tadi dibahas juga pertanggungjawaban pidana korporasi serta kemungkinan kerja sama dalam hal pendidikan dan pelatihan dengan dibentuknya Pusat Edukasi Antikorupsi (ACLC) KPK,” tutur Febri.

Dalam pertemuan tersebut, Mohammadi turut didampingi beberapa utusan Parlemen Iran, yakni Ketua Kelompok Persahabatan Iran dan Indonesia di Parlemen Republik Islam Iran, Mahmoud Sadeghi, serta dua utusan lainnya, Naser Musavi Largani dan Mehdi Sheikh.

“Utusan parlemen disambut Ketua KPK Agus Rahardjo beserta dua komisioner KPK, Basaria Panjaitan dan Saut Situmorang,” kata Febri.

(net/hp)

Dubes Iran

Posting Terkait