Dugaan Penipuan Lilis, Polda: Penyidikan Tetap Berlanjut

Kabid Humas Polda Lampung Kombes Zahwani Pandra Arsyad | Foto: istimewa

BANDARLAMPUNG – Polda Lampung akan melakukan gelar perkara kasus dugaan penipuan terkait seleksi calon komisioner KPU Kabupaten/Kota.

Salah satu calon komisioner KPU Pesawaran Lilis Pujiati, dilaporkan oleh Gentur Sumedi yang merupakan suami dari calon komisioner KPU Tulangbawang Virza Yeli Santi, ke Polda Lampung pada 12 November 2019 lalu.

Kabid Humas Polda Lampung Kombes Zahwani Pandra Arsyad lewat pesan WhatsApp kepada fajarsumatera, Minggu (16/2/2020) pagi, mengatakan kasus dugaan penipuan tersebut saat ini telah ditingkatkan ke tahap penyidikan.

“Menurut Dir Reskrimum Kombes Barly Ramadhani SIK penyidikan perkara tersebut masih berjalan, bahkan sampai saat ini. Akan dilaksanakan gelar perkara,” singkatnya.

Baca Juga:  Esti Berniat Laporkan Pihak yang Cemarkan Nama Baiknya

Sementara Pelapor Gentur saat dihubungi mengapresiasi kinerja aparat Polda Lampung.

“Dari analisa saya, Polda Lampung cukup responsif. Polda memang benar-benar memikirkan masalah itu. Saksi-saksi semua sudah dimintai keterangan. Ya lagi diproses, biarin saja,” ujar Gentur.

“Info terakhir yang saya dapat sekitar satu minggu lalu. Kuasa hukum yang komunikasi ke pihak Polda Lampung, LBH Bandarlampung, kita proaktif,” lanjutnya.

Gentur melaporkan LP ke Polda Lampung karena diduga melakukan penipuan terhadap istrinya dengan meminta uang Rp150 juta kepada Virza sebagai syarat apabila ingin lolos sebagai komisioner KPU Tulangbawang karena Virza masuk tracking Sipol (Sistem Informasi Partai Politik).

Baca Juga:  Polda Lampung Tembak Perampok Asal Sumsel

Dalam salinan putusan DKPP Nomor 329-PKE-DKPP/XII/2019 disebutkan Gentur menyerahkan Rp100 juta kepada Lilis.

Kasus ini turut melibatkan Esti Nur Fathonah, Anggota KPU Lampung yang telah diberhentikan tetap oleh DKPP RI pada Rabu (12/2/2020) lalu.

Pihak kepolisian telah melakukan pemanggilan terhadap Esti dan diperiksa sebagai saksi akhir tahun lalu.

Menurut penuturan Esti ketika ditemui di kediamannya di Sidomulyo Lampung Selatan, saat fit and proper test berlangsung di Swissbell Hotel, Gentur menemui dirinya di kamar nomor 7010 meminta kejelasan nasib istrinya.

Saat itu Esti menunjukkan chattingan dirinya dengan Anggota KPU Lampung Ismanto kepada Gentur.

Baca Juga:  Polda Lampung Ciptakan Kamtibmas Mantap dan Terkendali

“Saya tunjukkan dengan Gentur. Ini lho chattingan sama Ismanto. Mas Ismanto, Virza gimana, ah masuk tracking sipol mbak kata Ismanto.”

“Sudah, hanya sebatas itu yang saya tunjukin ke dia (GS_red). Kan Ismanto yang panelisnya Virza.”

 

Ismanto menjadi panelis bersama Agus Riyanto untuk Zona 3 yang meliputi Tulangbawang, Tulangbawang Barat, Lampung Utara, Lampung Barat, Way Kanan.

Kuasa hukum GS dari LBH Bandarlampung Candramuliawan mengatakan kasus dugaan penipuan tersebut masih ditangani Polda Lampung.

“Urusan ini kan kita sudah melaporkan ke Polda Lampung, Lilis Pujiati. Namun Esti ketika dipanggil oleh Polda sebagai saksi juga enggak mengakui masalah ini,” kata Candramuliawan. (JO)

Esti Nur Fathonah KPU Lampung Polda Lampung Zahwani Pandra Arsyad

Posting Terkait