Dugaan Politik Uang Paslon Arinal-Nunik Dinilai Telah Memenuhi Unsur TSM

Mantan Ketua Bawaslu RI, saat menjadi saksi ahli pada sidang sentra gakkumdu, Kamis (12/7). (Istimewa)

BANDAR LAMPUNG – Dugaan politik uang Paslon Arinal-Nunik pada Pilgub 27 Juni lalu dinilai saksi ahli pada sidang Sentra Gakkumdu, Kamis (12/7) telah memenuhi unsur Terstruktur  Sistematis dan Masif (TSM), oleh sebab itu menurut mantan Ketua Bawaslu RI tidak alasan bagi penyelenggara Pemilu untuk tidak membatalkan Paslon yang disinyalir mendapat dukungan finansial dari PT Sugar Grup Companies (SGC).

Baca Juga:  Koalisi Rakyat Lampung Aksi ke Bawaslu RI Minta Paslon Arinal-Chusnunia Dibatalkan

“Biasanya yang terjadi money politics selalu memperhatikan suara yang signifikan. Jadi tim kampanye bukanlah orang yang bodoh sehingga menggunakan orang-orang yang terdaftar dalam tim kampanye. Bisa menggunakan orang-orang biasa, relawan atau apa pun namanya. Tapi itu sudah menunjukkan money politics itu terjadi secara terstruktur,” urai saksi ahli,  Bambang Eka Cahya Widodo.

Baca Juga:  Acara Pengajian Arinal-Chusnunia Terindikasi Money Politic

Dia menegaskan makna politik uang TSM itu yakni memiliki pengaruh signifikan terhadap perolehan suara Paslon nomor tiga.

Dia berpendapat, makna terstruktur tidak selalu mengacu pada mobilisasi aparat pemerintahan  selain adanya pengerahan Kepala Desa yang dikerahkan untuk politik uang Ia memastikan jika hal itu pelanggaran terhadap ketentuan pidana Pemilu. (net/hp)

Arinal-Chusnunia

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    Tinggalkan pesan