Duh…. Dua Kadis di Tubaba ‘Siksa’ Kura-kura

Foto; ist

PANARAGAN – Aksi dua Kepala Dinas (Kadis)  di Tulang Bawang Barat (Tubaba), yaitu Kadis Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil)  A. Hariyanto dan kadis Perikanan, Hidarsan, yang berdiri diatas punggung satwa dilindungi jenis kura kura viral di media sosial.

Keduanya pun menuai ba­nyak kecaman dari pencinta lingkungan hidup yang meng­ganggap kedua kadis itu telah menyiksa kura-kura.

Sikap kedua pejabat yang dengan girang berdiri diataas punggung kura-kura itu dianggap justru menunjukkan sikap kurang terpuji. “Kedua Kadis tersebut berpose girang, dengan gaya dan tersenyum ria berdiri di atas punggung kura-kura yang yang ukur­an tubuhnya lebih kecil dari kedua kadis tersebut. Itu penyiksaan” ucap nitizen.

Baca Juga:  Walhi Risaukan Tegal Mas Tetap Buka

Sorotan juga datang dari anggota DPRD Tuba­ba. Ahmad Wahyudiono, mengatakan, kedua orang Kepala Dinas itu tidak seharusnya melakukan tindakan seperti itu, lan­taran kura-kura yang mereka naiki seperti dalam foto bukanlah hewan tunggangan.

“Tidak semestinya, karena kura-kura bukan hewan tunggangan meski­pun tidak membuat kura-kura itu mati,” ungkapnya.

Wahyudiono mengata­kan demikian juga mem­beri peringatan bagi kedua orang kepala dinas itu agar memberikan contoh yang baik bagi masyarakat secara luas terutama jika taman tersebut dikunjungi banyak orang nantinya. “Saya khawatir nanti tindakan se­perti itu dicontoh oleh peng­unjung taman Bejukew tersebut,” tukasnya.

Baca Juga:  Walhi Risaukan Tegal Mas Tetap Buka

Sementara, Manajer Advo­kat dan Kampanye WALHI Lampung Irfan Tri Mursi, tampak geram melihat foto tersebut saat dimintai tanggap­an mereka melalui pesan WhatsApp. WALHI mengecam keras tindakan kedua pejabat eselon II Pemkab Tubaba yang tampak riang berpose diatas kura-kura yang masih hidup itu.

“Nggak bener itu kelakuan­nya, sama saja seperti me­nyiksa hewan. Terkait kura-kura tersebut termasuk jenis yang dilindungi atau bukan. Apalagi memang jenisnya yang dilindungi maka itu sangat keterlaluan dan perlu dipertanyakan adakah izin penangkarannya apabila itu memang jenis kura-kura yang dilindungi,” cetus Irfan.

Baca Juga:  Walhi Risaukan Tegal Mas Tetap Buka

Seperti diketahui Pemkab Tubaba tengah membangun taman kura-kura yang dina­makan Taman Bejukew di sekitar Taman Buah Agrowi­sata Pulung Kencana Keca­matan Tulangbawang Tengah yang rencananya akan menjadi salah satu tujuan bagi peng­unjung atau wisatawan yang datang ke Bumi Ragem Sai Mangi Wawai ini.(*)

Kadis Tubaba Injak Kura-kura Walhi

Posting Terkait