Edward Antony Hadiri Rakernas Kemenkeu

Wakil Bupati Waykanan DR. H.Edward Antony, M.M Bersama Ratusan Kepala Daerah Se Indonesia menghadiri dan Mengikuti Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah Tahun 2018, Kamis (20/09/2018).

Rakernas yang diselenggarakan di Gedung  Dhanapala oleh direktorat Jenderal Perbendaharan Negara (DJPBN) Kementerian Keuangan Republik Indonesia itu mengangkat Tema “Pengelolaan Keuangan Negara yang Sehat untuk Indonesia Kuat”.

Dari Informasi yang didapat Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Way Kanan dari www.kemenkeu.go.id  pada rapat kerja Nasional itu Pemerintah memberikan penghargaan bagi 93 entitas Kementerian  Negara/Lembaga dan Pemerintah Daerah (Provinsi, Kota, dan Kabupaten) yang mendapat opini terbaik, Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) sebanyak 5 kali berturut-turut.

Baca Juga:  Edward Antony Hadiri JOTA-JOTI Kwarran Baradatu

Penghargaan itu  juga diraih Kabupaten Way Kanan , atas Capaian Wajar Tanpa Pengecualian Untuk Laporan Keuangan Tahun 2013 sampai dengan 2017.

Untuk diketahui sesuai Laporan Hasil Pemeriksaan BPK, Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LKPP) tahun 2017 kembali memperoleh opini terbaik yaitu WTP, mempertahankan capaian opini WTP atas hasil pemeriksaan LKPP Tahun 2016. Capaian opini tersebut sejalan dengan peningkatan jumlah Kementerian Negara/Lembaga dan Pemerintah Daerah yang memperoleh opini WTP atas laporan keuangannya masing-masing. Untuk tahun 2017, K/L yang memperoleh opini WTP meningkat menjadi 79 K/L (73 K/L di tahun 2016), serta Pemerintah Daerah meningkat menjadi 411 Pemda (374 di tahun 2016).

Baca Juga:  Edward Anthony Ketua ICMI Waykanan

Peningkatan ini merupakan salah satu indikator adanya upaya sungguh-sungguh dari Pemerintah untuk terus memperbaiki kualitas pengelolaan keuangan negara sebagai fondasi kuat untuk mewujudkan mencapai Indonesia yang mandiri dan berdaya saing. (*)

Edward Antony

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    Tinggalkan pesan