Ekspor RI Masih Produk Mentah

Ilustrasi Ekspor – (foto ist)

JAKARTA—Presiden Joko Widodo beberapa hari lalu menyatakan keprihatinannya terhadap tingkat ekspor Indonesia yang masih kalah dari negara tetangga. Padahal dibandingkan negara seperti Malaysia dan Singapura, Indonesia memiliki potensi produk ekspor yang sangat besar.

Menjawab ini, Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin), Rosan Roeslani menyebut, penyebab utama kalahnya ekspor RI dibandingkan negara tetangga lantaran Indonesia masih bergantung pada ekspor komoditas atau produk yang belum diolah.

Baca Juga:  Ekspor RI Kalah Dari Vietnam, Presiden Jokowi Perintahkan Mendag Evaluasi

“Ekspor Indonesia hanya berfokus pada hal yang berbasis komoditas saja. Sementara negara lain seperti Malaysia, Thailand, atau negara lain yang sumber daya alamnya tak sekaya Indonesia, bisa lebih fokus menggenjot ekspor produk olahan industry,” ujarnya.

Selain itu, menurut Rosan, rendahnya nilai ekspor Indonesia, bisa juga disebabkan karena tidak banyak menjalin kesepakatan perdagangan bebas atau Free Trade Agreement (FTA) dengan negara potensial.

Baca Juga:  Ekspor RI Kalah Dari Vietnam, Presiden Jokowi Perintahkan Mendag Evaluasi

Porsi perdagangan Indonesia, sambung dia, 80 persennya masih dikuasai komoditas. Untuk itu, Indonesia saat ini harus menguatkan industri manufaktur jika tidak ingin disalip negara lain.

Tak hanya itu, kendala lainnya menurut Rosan adalah Indonesia yang masih memiliki suku bunga yang tinggi sehingga sokongan modal untuk industri menjadi tidak se-kompetitif negara lain.

Baca Juga:  Ekspor RI Kalah Dari Vietnam, Presiden Jokowi Perintahkan Mendag Evaluasi

“Saya melihat apa yang disampaikan Presiden, wake up calling buat kita semua. Enggak cuma Kemendag tapi semua Kementerian terkait  semua sisi harus diperbaiki,” katanya.

“Kita harus coba tingkatkan manufaktur dengan mengurangi ketergantungan pada barang impor harus fokus ke industri apa yg dibangun dan kebijakan apa. PR-nya banyak, jadi tidak bisa dibangun dalam waktu singkat,” tambahnya.

Ekspor RI

Posting Terkait