Empat Kali Pengusulan, Anggaran Bawaslu Belum Direspon Pemprov

Fatikhatul Khoiriyah, Ketua Bawaslu Lampung (ist)
BANDARLAMPUNG, FS- Soal Anggaran Pengawasan Pilgub mendatang, Bawaslu Lampung merasakan beda perlakuan yang diberikan pemprov Lampung kepada pihak penyelenggara Pilgub Lampung.

Pasalnya, Pemprov telah menyetujui anggaran untuk KPU Lampung sebesar Rp44 M untuk penyelenggaraan tahapan di 2017. Sementara usulan pengajuan anggaran dari Bawaslu Lampung sebesar Rp118 M hingga saat ini belum mendapat respon positif.

Bahkan Bawaslu menyatakan telah mengusulkan pengajuan anggaran hingga empat kali. Sebaliknya, pihak pemprov merasa belum menerima pengajuan usulan anggaran pengawasan Pilgub.

Ketua Bawaslu Lampung Fathikatul Khoiriyah mengatakan, sudah menjadi hal yang biasa bila pihak pengawasan selalu di nomor duakan dalam Penyelenggaraan Pilgub. Meski demikian, dia tidak mempermasalahakan hal itu.

Menurutnya, Bawaslu telah berusaha untuk melakukan usulan pengajuan anggaran sesuai dengan mekanismenya. “Kami sudah berusaha melakukan kordinasi tapi sampai saat ini belum dianggarkan. Ya ditunggu saja,” kata Khoir.

Ia menambahkan, pihaknya masih tetap bersabar untuk menunggu respon positif dari pihak Pemprov untuk melakukan pembahasan bersama soal anggaran pengawasan tersebut. Khoir juga mengaku telah berkoordinasi dengan KPU Lampung terkait hal ini.
“Sudah kita koordinasikan KPU juga mendukung Bawaslu untuk segera dilakukan pembahasan oleh pemprov. Artinya KPU mengerti apa yang terjadi bila dana pengawasan ini tiak dianggarkan,” terangnya.

Khoir mengingatkan, apabila sampai dimulainya tahapan Pilgub Lampung belum tersedianya anggaran, berarti pihak Pemprov yang menginginkan agar ditundanya pelaksanaan Pilgub. Kalau tidak ada anggaran pengawasan, sambungnya,  Bawaslu tinggal keluarkan rekomendasi untuk penundaan tahapan.

“Ya yang akan dipanggil Mendagri juga kan pihak pemprov kalau sampai keluar rekomendasi karena tidak tersedianya anggaran. Berbeda jika kami sama sekali gak melakukan upaya. Ini upaya sudah dilakukan. Sekarang saatnya menunggu respon cepat dari Pemprov,” pungkasnya.

Diketahui, Bawaslu Lampung mengusulkan anggaran untuk pengawasan Pilgub sebesar Rp 118 Miliar. Nominal tersebut meliputi, Honor Panwas Pilgub Rp 35 M, Honor Sekretariat Rp 18 M, Kelompok Kerja Pengawas Rp 8 M, Honor Pengelolaan Keuangan dan Pejabat Pengadaan di Kabupaten/Kota Rp 1 M. (RF)

192 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini

Berita Terkait

Leave a Comment