Facebook Akan Hilangkan Layanan Kategori Mitra untuk Pengiklan

Foto: Istimewa

Setelah berencana mempermudah akses mengatur privasi, sekarang Facebook akan menghilangkan kategori mitra milik mereka. Langkah ini diambil demi menjaga kenyamanan pengguna dalam menggunakan platform mereka.

Kategori mitra adalah salah satu di Facebook yang dapat digunakan oleh penyedia barang atau jasa untuk melakukan iklan dengan tersasar berdasarkan lokasi, usia, jenis kelamin, bahasa, minat, koneksi, dan sebagainya.

“Kami ingin memberi tahu para pengiklan bahwa kami akan menutup Kategori Mitra,” tulis Facebook seperti yang dilansir dari laman Newsroom mereka pada Minggu (1/4/2018.)

Baca Juga:  Dipanggil Polri, Facebook Minta Waktu Kumpulkan Data

Selama ini dengan memakai Kategori Mitra, pebisnis dapat memakai jasa penyedia data dari pihak ketiga untuk melakukan iklan bertarget di Facebook.

Seperti yang dilansir dari Liputan6.com, laman Kategori Mitra masih aktif di Facebook, dan di sana tertulis fitur untuk, “memerinci penargetan (iklan) Anda lebih lanjut berdasarkan informasi yang dikumpulkan oleh mitra (pihak ketiga) tersebut, misalnya informasi demografi dan informasi perilaku offline, seperti kepemilikan rumah atau riwayat pembelian.”

Baca Juga:  Akun FB Bupati Pringsewu Dicatut

Pihak Facebook menulis bahwa iklan dengan target seperti itu sebetulnya biasa di bidang industri. Namun, Facebook ingin menghilangkannya demi privasi pengguna.

“Meski hal ini adalah praktik industri yang umum, kami percaya langkah yang dilaksanakan selama enam bulan ke depan ini akan meningkatkan privasi orang-orang di Facebook,” tulis pernyataan tersebut.

Sayangnya, langkah ini ternyata belum tentu dapat menghalangi pengambilan data seperti yang dilakukan Cambridge Analytica dan tim kampanye Obama, sebab Cambridge Analytica mengaku memiliki tujuan akademis.

Baca Juga:  Terkait Bocornya Data Pengguna, Menkominfo akan Panggil Perwakilan Facebook

Sementara, tim kampanye Obama mengambil data lewat pendukungnya, baik secara sadar maupun tidak, dan bahkan diberikan lampu hijau oleh Facebook. (net/hp)

facebook Layanan Facebook

Posting Terkait