Festival Sekala Bekhak Angkat Kesejahteraan

LIWA – Festival Sekala Bekhak V 2018 (10-12 Juli) yang merupakan calender of event Kepariwisataan Lampung Barat (Lambar) bertujuan menarik wisatawan berkunjung dan investor dalam menanamkan modal yang berdampak pada kesejahteraan di kabupaten setempat.

Pada festival yang mengangkat tema ‘menikmati alam dan budaya bumi sekala bekhak’ berbagai rangkaian acara seperti tahun-tahun sebelumnya akan digelar, dengan puncak acara yaitu Karnaval ‘Kemilau Budaya Bumi Sekala Bekhak’ dilaksanakan 12 Juli 2018 bertempat di Lapangan Merdeka, Kecamatan Balikbukit.

Kasi Antraksi dan Daya Traik Wisata Endang Guntoro mendampingi Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Lambar Indra Kesuma mengatakan tujuan kegiatan tersebut mempromosikan daya tarik wisata serta seni budaya, meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara dan nusantara, dan membangkitkan gairah bagi dunia usaha kepariwisataan.

”Sasaran dalam penyelenggaraan kegiatan tersebut yakni menarik minat Wisatawan Mancanegara dan Nusantara untuk mengunjungi Festival Sekala Bekhak V dengan daya tarik wisata dan budayanya, terciptanya image yang positif terhadap kepariwisataan di Lambar, kemudian sebagai spirit sumber penciptaan kreativitas seni kekinian yang multidimensional agar menjadi warisan pusaka generasi mendatang,” ungkapnya, Kamis (28/6/2018).

Terusnya, sejumlah rangkaian yang akan  dilaksanakan yakni sosialisasi atau ekspose Festival Sekala Bekhak V Tahun pada tanggal 2 Juli  di Aula Kagungan, pembukaan Festival Sekala Bekhak V dan Hippun Adat Paksi Pak Sekala Bekhak (10/7) Gedung Dalom Paksi Buay Belunguh – Kenali, sekaligus Hippun Adat  (Musyawarah Agung Para Sultan Paksi Pak Sekala Brak)  yang merupakan salah satu rangkaian pokok dari dihelatnya Festival Sekala Brak yaitu dalam rangka menghimpun usul saran dari para Sai Batin Paksi Pak sebagai pewaris Kerajaan Adat Paksi Pak Sekala Brak.

Lalu, lomba nyambai Selasa (10/7) di Panggung Utama FSB V 2018  Lapangan Merdeka Pasar Liwa, Lomba Hadra Rabu (11/7), Lomba Tari Kreasi Lampung Rabu (11/7). Kemudian Karnaval ‘Kemilau Budaya Bumi Sekala Bekhak’ (Merupakan Puncak Kegiatan Festival Sekala Brak V) pada Kamis (12/7). ”Hadiah  yang disiapkan dalam rangkaian  lomba yang digelar berupa Trophy + Piagam dan Uang Tunai, dengan kategori utusan Kecamatan, SMA/SMK/MA, Kategori utusan SMP/MTs/SD/PAUD/TK dan Kategori utusan Sanggar Seni/Umum/Etnis,” paparnya.

Selain menggelar sejumlah perlombaan diatas, dalam festival sekala bekhak tahun ini juga akan digelar Lomba Foto Pariwisata Bumi Sekala Bekhak tepatnya pada Kamis (12/7), yang merupakan Supporting Event dari kegiatan Festival Sekala Bekhak V 2018. ”Untuk target pengunjung pembukaan dan Hippun Adat berkisar 500 – 1000 orang , Lomba Nyambai berkisar 500 orang, Lomba Hadra berkisar 500 orang, Lomba Tari berkisar 500 orang, Karnaval Kemilau Budaya BSB brkisar 1.000 – 3.000 orang,” timpalnya.(Fb)

Festival Sekala Bekhak Angkat Kesejahteraan

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    Tinggalkan pesan