FMIPA Kimia Unila Akan Bagikan Hand Sanitaizer Buatan Sendiri

Foto: Tinus/Fajar Sumatera

BANDARLAMPUNG – Mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Jurusan Kimia Universitas Lampung (Unila) meracik sendiri dan siap bagikan hand sanitizer secara gratis pada Senin (23/3) lusa.

Hand sanitizer tersebut akan dibagikan kepada masyarakat di stand yang rencananya bertempat di depan gedung Fakultas MIPA.

Aksi tersebut merespon penyebaran virus covid – 19 yang kian meluas dengan cepat dan keluhan masyarakat akan sulitnya mendapatkan hand sanitizer di apotek serta swalayan.

Baca Juga:  Antisipasi Corona, Pelantikan PPS Dilakukan Terpisah

Mahasiswa Fakultas MIPA Jurusan Kimia Unila ini berinisiatif meracik hand sanitizer sendiri di laboratorium MIPA Unila.

“Nantinya masyarakan disarankan untuk membawa botol isi ulang masing-masing dan dipriorotaskan kepada masyarakat yang bekerja secara mobile dan tidak selalu memiliki waktu untuk mencari air guna membersihkan tangan menggunakan sabun,” kata Mulyono, Sekretaris Jurusan Kimia FMIPA Unila, Jumat.

Baca Juga:  LBH Minta Pemprov Tetapkan Lampung Daerah Siaga Corona

Pembuatan hand sanitizer ini menggunakan empat bahan utama yaitu etanol 90 persen, gliserol 98 persen, hidrogen peroksida 3 persen  dan air steril aquadest.

Sebanyak 833 ml etanol dimasukkan ke dalam gelas ukuran 1000 mm kemudian ditambahkan 41,7 mm hidrogen peroksida kedalam gelas yang telah dicampur tersebut.

Lalu tambahkan 14,5 mm gliserol menggunakan gelas ukur selanjutnya tambahkan air hingga 1000 ml kemudian aduk hingga merata dan pindahkan campuran ke dalam botol kaca bersih.

Baca Juga:  Gedung Kwarda Lampung Disemprot Desinfektan

Kemudian setelah semua bahan tercampur, simpan selama 72 jam atau selama 3 hari untuk memastikan tidak ada kontaminasi organisme dari wadah botol hingga hand sanitizer siap untuk digunakan.(TN)

 

Corona FMIPA Kimia Unila Hand Sanitaizer

Posting Terkait