Gedung Rawat Jalan Selesai di Perbaiki, Pasien Berobat di RSUD Kayuagung Semakin Nyaman

Fajar Sumatera.co.id OKI.
Per 18 Oktober 2021 Pelayanan Rawat Jalan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kayuagung bagi pasien yang berobat rawat jalan semakin nyaman. Pasalnya, gedung pelayanan rawat jalan yang semula direnovasi kini mulai beroperasi seperti semula setelah sejak tahun 2020 lalu hingga Oktober 2021 Gedung Pelayanan Rawat Jalan telah dinyatakan selesai dan telah diresmikan pemakaiannya oleh Pemkab OKI melalui Wakil Bupati OKI H Muhammad Djakfar Shodid yang ditandai dengan pengguntingan pita oleh Wabup OKI dan Direktur RSUD Kayuagung dr Hj Asri Wijayanti MKes, Sabtu (16/10/2021).

RSUD Kayuagung memiliki Gedung Poli Rawat Jalan yang nyaman bagi pasien. Perbaikan terhadap Gedung poli rawat jalan tersebut merupakan upaya Pemkab OKI dalam meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat di sektor kesehatan.

“Perbaikan gedung rawat jalan dan fasilitasnya merupakan bagian upaya kita untuk meningkatkan layanan kesehatan kepada masyarakat”, ungkap Wakil Bupati OKI, Dja’far Shodiq saat meresmikan pemakaian gedung poli rawat jalan RSUD Kayuagung, Sabtu, (16/10).

Sementara itu Direktur RSUD Kayuagung dr Hj Asri Wijayanti MKes mengatakan, gedung rawat jalan RSUD Kayuagung dengan 2 lantai kini telah selesai direnovasi. Pada Lantai 1 terdapat ruang layanan pendaftaran, Untuk melakukan pendaftaran, pihak RSUD memberikan kemudahan dengan sistem elektronik sehingga pasien tidak perlu panjang mengantri.

“Pendaftaran melalui tiket elektronik, cukup menunggu nanti dipanggil oleh petugas untuk diarahkan ke poli yang dituju”, terangnya.

Lanjutnya, Gedung rawat jalan RSUD Kayuagung memiliki 11 poli spesialis antara lain, penyakit dalam, bedah, anak dan tumbuh kembang, gigi dan mulut, telinga, hidung, tenggorokan, kepala dan leher (THT-KL), syaraf, akupuntur, kulit dan kelamin, kebidanan dan kandungan, KB rumah sakit (PKBRS) dan poli mata ditambah layanan umum lainnya seperti fisio terapi, gizi, Promosi kesehatan, Konseling dan testing hiv, Rekam medis, Farmasi rawat jalan, Poli umum dan pemeriksaan kesehatan serta Bpjs rumah sakit yang secara otomatis per tanggal 18 Oktober 2021 pelayanan poli rawat jalan dapat beeoperasi seperti biasanya.

“Kedepannya direncanakan untuk melengkapi layanan spesialistik lainnya seperti jiwa, geriatri, dan paru. Selain itu juga layanan pemeriksaan kesehatan (medical check up/MCU) yang lebih lengkap”, jelasnya.

Selain itu tambah Asri, RSUD Kayuagung kini mempunyai ruang operasi emergency serta layanan operasi katarak dengan teknik fakoemulsifikasi dengan memakai media laser dimana keuntungannya selain lebih cepat, luka sayatannya kecil tanpa jahitan dan pasien dapat langsung pulang.

” Alhamdulillah RSUD Kayuagung telah melalui verifikasi dan biayanya dapat ditanggung dengan BPJS yang tentunya tidak terlepas dari peran Pemkab OKI”.

Lebih lanjut Asri mengatakan, “Ruang operasi (OK) emergency di IGD juga dibuat untuk melayani pasien-pasien yang dicurigai covid-19 yang membutuhkan tindakan segera, karena beberapa bulan yang lalu sangat sulit merujuk pasien-pasien tersebut ke Palembang karena penuh, sehingga dapat mengganggu keselamatan pasien dan beresiko menimbulkan kecacatan bahkan kematian”.

Alhamdulillah OK sudah terealisasi dan tetap akan bermanfaat meskipun pandemi berakhir, karena OK emergency dengan tekanan negatif ini bisa juga dikondisikan dengsn tekanan negatif lainnya dan dapat juga digunakan untuk pasien lain yang memerlukan ruangan operasi khusus seperti pasien dengan pengakit TB paru, ungkapnya.

Melalui peresmian poli rawat jalan dan ruang operasi ini, diharapkan RSUD Kayuagung dapat meningkatkan kualitas pelayanannya,

“Tentunya RSUD Kayuagung akan terus berbenah dan memaksimalkan pelayanan terhadap masyarakat demi mewujudkan salah satu dari komitmen Pemkab OKI yakni memberikan pelayanan kesehatan terbaik bagi setiap masyarakat yang datang berobat.” pungkasnya. (Aliaman)

Posting Terkait