Genpi Lampung Akan Gelar Pasar Tahura

Generasi Pesona Indonesia (GenPI):
Komunitas Sukarelawan Pariwisata yang selalu mengangkat berita-berita positif terkait pariwisata. No Hoax, No Politik, No SARA.
Lampung adalah Provinsi ke-13 yang sudah memiliki Komunitas GenPI yang dinaungi oleh Kementerian Pariwisata RI.

BANDAR LAMPUNG – Provinsi Lampung memiliki banyak potensi wisata yang lengkap dan tak kalah dengan daerah lain. Bahkan beberapa diantaranya telah banyak mendatangkan wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

Namun sayangnya, meski memiliki banyak potensi, beberapa destinasi wisata di Lampung tak tergarap secara maksimal. Padahal pemerintah pusat maupun daerah telah membangun berbagai fasilitas penunjang agar menarik pengunjung untuk datang.

Salah satunya adalah kawasan Taman Hutan Raya (Tahura) Wan Abdurahman atau Youth Camp yang berada di Desa Hurun, Kecamatan Hanura, Kabupaten Pesawaran ini. Kawasan yang memiliki kekayaan ragam hayati unik dan langka ditambah adanya air terjun yang memiliki ketinggian hingga 13 tingkat ini, seharusnya bisa jadi salah satu rujukan wisatawan. Sayangnya meski telah terbangun banyak fasilitas di sini seperti areal camping ground, aula, areal gladiator, toilet hingga berbagai fasilitas lainnya, tak juga menggairahan pengunjung untuk hadir di sini.

Untuk itulah, Generasi Pesona Indonesia (Genpi) Provinsi Lampung berencana rutin menggelar kegiatan Pasar Tahura setiap pekannya. Acara perdana akan digelar pada Minggu (10/12/2017).  Kegiatan tersebut akan dipusatkan di Youth Camp mulai pukul 07.00 sampai dengan pukul 15.00 WIB.

“Kami dari Genpi Lampung ingin mengajak semua masyarakat Lampung, baik keluarga maupun anak muda untuk meramaikan kembali Tahura Wan Abdurahman ini. Kami ingin tempat yang pernah jadi rujukan untuk berwisata petualang di era tahun 90-an dan 2000an awal ini kembali ramai pengunjung,” kata Ketua Genpi Lampung Yodistara, Rabu (6/12/2017).

Ia mengatakan, selain mengajak masyarakat yang pernah merasakan kebesaran Youth Camp dimasa lampau untuk bernostalgia, Genpi Lampung juga ingin mengenalkan kembali kepada mereka yang belum mengetahuinya. “Youth Camp ini sangat lengkap fasilitasnya, sayang sekali bila tak dimanfaatkan masyakarat. Apalagi akses ke sini masih dekat dengan Kota Bandar Lampung dan termasuk di jalur wisata unggulan Lampung dan Pesawaran,” ujarnya.

Sementara Ketua Pelaksana Pasar Tahura, Khoerur Rizki mengatakan, Genpi Lampung akan menggelar banyak kegiatan. Sesuai namanya yakni pasar, akan dihadirkan berbagai jajanan kuliner mulai dari tradisional hingga yang modern. Tak hanya itu, tersedia juga berbagai cendera mata unik serta yang lainnya.

“Tidak hanya jualan, kami juga menghadirkan hiburan dari berbagai komunitas anak muda. Lalu kami akan menggelar permainan dan games yang bisa dilakukan oleh pengunjung. Kami juga akan memberikan edukasi terkait kekayaan hayati di sini. Pokoknya lengkap. Bahkan yang ingin beradventure ke air terjun, kami juga siapkan guide,” ujar pria yang kerap disapa Ewok ini.

Karena itulah, ia mengajak seluruh masyarakat Lampung untuk bisa hadir di gelaran Pasar Tahura yang untuk kali pertamanya digelar hari Minggu besok. “Sebab, kami berencana menggelar Pasar Tahura setiap hari Minggu dengan suguhan yang berbeda. Tak hanya di Tahura, kedepannya juga kami ingin gelar acara serupa di berbagai daerah. Ayo kita semua sukseskan gelaran ini,” pungkasnya.  (*)

765 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini

Berita Terkait

Leave a Comment