Ginda Anshori: Proses Hukum Salah Tangkap Wartawan Trans Lampung Harus Lanjut

Yudi Indrawan (kaus merah) Wartawan Trans Lampung dibawa paksa oleh anggota kepolisian saat melakukan pelipukan pengrusakan di Mapolsek Tegineneng jumat lalu. Istimewa

BANDARLAMPUNG,FS-Pengamat Pendidikan Budaya dan Anti Korupsi Poltekes Tanjung Karang, Gindha Anshori mendorong Polda Lampung agar dapat menindaklanjuti laporan Yudi Indrawan, wartawan Trans Lampung ke propam Polda Lampung atas dugaan pelanggaran kode etik profesi Polri berupa tindakan arogansi oleh dua aparat hukum saat terjadi pengrusakan Mapolsek Tegineneng beberapa waktu lalu.

“Permintaan maaf polda Lampung merupakan hal biasa sebagai insan manusia yang tidak luput dari kesalahan. Tetapi , bukan berarti prosesnya harus selesai. Karena permasalahan terjadi diduga atas ketidakprofesionalan seorang aparat,” kata Gindha, Rabu (22/3).

Permasalahan Yudi Indrawan ini merupakan beberapa masalah yang telah menimpa insane pers oleh pejabat publik, baik polisi, kepala dinas, ataupun kepala daerah setempat, jadi jika permasalahan ini bisa diproses secara tuntas, bisa membuat efek jera.

“Permasalahan ini harus menjadi contoh supaya bisa menghargai profesi orang lain, kecuali orang itu dianggap sebagai provokator. Karena, sudah tugas jurnalis melakukan peliputan, orang investigasi saja boleh,” ujarnya.

Selain itu, dia mengapresiasi langkah Kapolda Lampung, Irjen Sudjarno mendatangi kantor persatuan wartawan Indonesia (PWI) Lampung untuk bersilaturahmi sekaligus meminta maaf merupakan satu bentuk kemarahan seorang pimpinan terhadap bawahannya.

“Harusnya langkah ini diimbangi oleh propam atau propos untuk menegakan itu,” ucapnya.

Ia berharap, PWI sebagai wadah bernaung insan jurnalis dapat mengedepankan kepentingan wartawan saat mendapat tugas khusus dan mengalami hal yang tidak menyenangkan dilapangan.

“ Jangan menggunakan pendekatan kekuasaan, jika ketua ataupun pengurus PWI dekat dengan si A, B dan ujungnya membuat selesai masalah insane jurnalis. Nah inikan tidak melindungi artinya.  Selain itu pihak kepolisian hendaknya harus paham dengan tugas jurnalis dan diperlakukan secara manusiawi, bukan ikut ditangkap juga,”pungkasnya. (ZN/TM).

220 kali dilihat, 4 kali dilihat hari ini

Berita Terkait

Leave a Comment