Gubernur: Membaca Menentukan Kemajuan SDM Yang Berkualitas

BANDARLAMPUNG – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung, menggelar pencanangan Gelar Lampung Membaca dalam rangka peningkatan Sumber daya manusia (SDM). Pasalnya, hal itu menjadi salah satu aspek terpenting dalam memajukan suatu daerah.

Selain dari pada itu, pengembangan tersebut diperlukan adanya suatu tingkat ilmu pengetahuan dan wawasan yang diantaranya bisa didapatkan melalui perpustakaan.

Gubernur Lampung, M Ridho Ficardo, menjelaskan, kemajuan Indonesia dan Lampung sangat ditentukan dengan kemajuan SDM yang dijamin dari dua kualitas, yaitu kesehatan dan gizi, serta pendidikan masyarakatnya.

Dengan terpenuhinya dua aspek itu, diyakini suatu daerah dapat siap menghadapi tantangan di depan.

Baca Juga:  Alzier Meragukan Survei Rakata Institute

“Kemajuan suatu daerah itu bukan dinilai dari pembangunan infrastruktur, tetapi membangun manusia yang seutuhnya,” kata Gubernur Ridho, dalam acara pencanangan Gerakan Lampung Membaca (GLM) di Lapangan Korpri, Bandar Lampung, Kamis (28/9).

Ridho melanjutkan, dalam rangka mengisi kualitas pendidikan dan pengetahuan, patut adanya peningkatan minat baca di masyarakat.

“Membaca adalah hal esensial yang paling dasar jika kita ingin membangun bangsa dan daerah kita. Begitu banyak pengetahuan dan teknologi yang bisa didapat dengan membaca,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Lampung, Herlina Warganegara, menyampaikan, kegiatan ini juga bertujuan untuk menumbuh kembangkan minat, semangat, kesadaran, dan budaya membaca bagi masyarakat Indonesia khususnya provinsi berjuluk Gerbang Sumatera ini, demi mewujudkan masyarakat Lampung yang cerdas dan sejahtera.

Baca Juga:  Pemprov Lampung Pacu SDM Calon Tenaga Kerja

Untuk meramaikan dan menarik minat masyarakat, Pemprov menghadirkan langsung Duta Baca Indonesia, Najwa Sihab. Pemprov juga akan menyerahkan bantuan mobil dan motor yang difungsikan sebagai perpustakaan keliling.

Untuk mendukung gerakan membaca, lanjutnya, Pemprov Lampung juga telah menggagas Surat Edaran Gubernur, yang mewajibkan siswa sekolah mempergunakan 15 menit sebelum jam pelajaran pertama untuk membaca.

Baca Juga:  Pemkab Lampung Barat Serahkan LKPD

“Kami berharap kedepan gerakan Lampung membaca akan menjadi gerakan dalam mencerdaskan masyarakat,” ungkapnya

Selain daripada itu, pemerintah juga sudah menjalin kerjasama dengan 15 kabupaten/kota, untuk bersama menggagas road show, sekaligus membudayakan gerakan Lampung Membaca ke daerah-daerah.

Dalam acara tersebut turut menghadirkan duta baca Indonesia Najwa Shihab, Kepala Perpustakaan Nasional M. Syarif Bando, dan Ketua DPRD Provinsi Dedi Afrizal yang menjadi pembicara dalam talkshow kegiatan tersebut.(ZN)

1,894 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Lampung Membaca sdm

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    Tinggalkan pesan