Gubernur Promosikan Pariwisata Lampung di Ajang WTM London 2018

LONDON – Pemerintah Provinsi Lampung memanfaatkan ajang pameran internasional dan bergengsi World Travel Market (WTM) London 2018 yang berlangsung 5-7 Novermber 2018 untuk membuka peluang promosi pariwisata.

Gubernur Lampung Muhammad Ridho Ficardo yang hadir langsung di acara itu mengatakan ajang tersebut dapat menjadi kesempatan emas bagi Lampung untuk menarik wisatawan mancanegara terutama dari Eropa, seperti Inggris, Perancis, Belanda, Jerman, dan Rusia.

Langkah Gubernur hadir di acara ini merupakan upaya untuk terus memajukan pariwisata Lampung. Sebelumnya, Gubernur juga melakukan promosi ke negara Timur Tengah dan Dubai.

Untuk acara WTM 2018, Gubernur hadir bersama Ibu yustin Ridho Ficardo.

“Pameran akbar World Travel Market (WTM) London 2018 ini digelar untuk yang ke-39 kalinya. Kita ikut menghadiri acara pariwisata terbesar kedua di dunia ini,” ujar Gubernur Ridho, di sela sela acara.

Baca Juga:  Pemprov Lampung Dorong Industri Pariwisata Pesisir Lewat Tol Laut

Untuk tahun ini, Paviliun Indonesia terletak di Hall AS 1100 dan akan menempati lahan seluas 396 m2 dengan double decker 50 m2.

Tema yang diangkat adalah Kekayaan Bahari Indonesia dengan Keragaman Budayanya. Desain kapal phinisi masih diangkat sebagai focal point Paviliun Indonesia yang ditambah dengan sentuhan arsitektur tradisional Bali. Sejumlah 53 industri pariwisata yang terdiri dari hotel, tour operator, travel agent, dan DMC ikut meramaikan Paviliun Indonesia.

Mereka berasal dari 7 (tujuh) provinsi di Indonesia yaitu DKI Jakarta, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Papua Barat, Jawa Barat, dan Jawa Tengah. Selain itu, pemerintah daerah juga hadir, yaitu dari Provinsi Lampung, Bali, DKI Jakarta, Sulawesi Tenggara, Jawa Tengah, Papua Barat, Nusa Tenggara Timur, Gorontalo, dan Sumatera Utara turut hadir mengisi Paviliun Indonesia.

Baca Juga:  RSUDAM Ditargetkan Kembali Raih Akreditasi Paripurna dari KARS

Meningkatnya jumlah Pemda yang berpartisipasi pada acara WTM London 2018 tersebut menunjukkan meningkatnya kesadaran Pemda di Indonesia untuk mempromosikan potensi pariwisata yang ada di daerahnya.

Gubernur Ridho berharap dengan melihat langsung WTM, Lampung bisa terus tampil di ajang internasional dan meningkatkan kunjungan wisatawan serta investasi.

“Sejauh ini, untuk level nasional, Inggris masih menduduki peringkat pertama dalam hal jumlah kunjungan wisman asal Eropa, diikuti oleh Perancis, Belanda, Jerman, dan Rusia. Kita berharap dengan tampilnya Lampung, wisatawan Eropa akan bertambah masuk ke Lampung,” harap Gubernur.

Dari tahun ke tahun, lanjut Gubernur, jumlah kunjungan wisman Inggris terus menunjukkan tren yang positif.

Baca Juga:  Bachtiar Basri Hadiri Pelantikan Anggota DPRD PAW Indra Ismail

Seperti diberitakan Indonesiatravel.com, tahun 2016, sejumlah 328.882 wisman asal Inggris berkunjung ke Indonesia dan meningkat menjadi 361.197 pada tahun 2017.

Untuk tahun 2018, ditargetkan sejumlah 390.000 wisman Inggris akan berkunjung ke Indonesia. Untuk mencapai target tersebut, Kementerian Pariwisata melalui Asdep Pemasaran IIP ariwisata Regional IV (Eropa) bekerjasama dengan Kedutaan Besar Indonesia di London dan VITO Inggris memutuskan untuk kembali berpartisipasi pada acara WTM London 2018.

Meskipun wisman Inggris cenderung lebih menyukai aktivitas pada wisata budaya, namun keindahan alam Indonesia terutama Bali masih menjadi favorit mereka. Acara WTM London 2018 diharapkan mampu menjadi lahan investasi bagi para seller, yang tentunya akan memberikan keuntungan berupa pemasukan devisa dari sektor pariwisata bagi negara Indonesia. (rls)

Pariwisata Lampung Pemprov Nov WTM London 2018

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    Tinggalkan pesan