Gubernur Ridho Ajak Masyarakat Sukseskan Pilkada Serentak 2018

Gubernur Ridho Ajak Masyarakat Sukseskan Pilkada Serentak 2018

Plt Sekdaprov Hamartoni Ahadis mewakili Gubernur Lampung menerima kunjungan Komisi II DPR RI Zulkifli Anwar di Balai Keratun, Ruang Sungkai, Komplek Kantor Gubernur Lampung, Rabu (31/1/2018). Foto: Ist

BANDAR LAMPUNG – GUBERNUR Lampung, Muhammad Ridho Ficardo, mengajak seluruh komponen masyarakat dan stakeholder menyukseskan Pilkada Serentak 2018. Hal tersebut disampaikan Plt Sekdaprov Hamartoni Ahadis saat mewakili Gubernur Lampung menerima kunjungan Komisi II DPR RI di Balai Keratun, Ruang Sungkai, Komplek Kantor Gubernur Lampung, Rabu (31/1/2018).

“Mari kita bersama-sama menyatukan tekad, sehingga pelaksanaan Pemilukada dapat berjalan dengan tertib, aman, lancar dan demokratis,” ujar Hamartoni.

Sekdaprov juga menyampaikan keberhasilan Pilkada memerlukan persiapan yang matang, baik dari aspek penyelenggaraan Pemilu, maupun dari aspek upaya penciptaan situasi dan kondisi yang kondusif.

Baca Juga:  DPP Golkar Keluarkan Rekomendasi untuk 7 Calon Kada Berikut

“Dari aspek penyelenggaraan Pemilu, Pemerintah Provinsi Lampung terus berkoordinasi dan berkonsolidasi dengan pihak terkait, seperti KPU Provinsi Lampung dan Bawaslu Provinsi Lampung, maupun aparat keamanan untuk mempersiapkan secara cermat haI-hal yang terkait dengan tugas dan fungsinya masing-masing,” ujar Hamartoni.

Koordinasi tersebut di antaranya terhadap penyelenggaraan Pemilu, seperi KPU, Bawaslu, Organisasi Politik, Organisasi Kemasyarakatan, Aparat Keamanan dan Pemerintah Daerah tentunya.

Lalu, Sosialisasi Pelaksanaan Pemilukada yang dilakukan oleh KPU terhadap masyarakat luas, Organisasi Peserta Pemilu (OPP), Aparat Pemerintah, Penyelenggara Pemilu mulai dari KPU sampai dengan Petugas TPS.

Baca Juga:  Kodim 0412/LU Terjunkan 295 Personel Amankan Pilkada Serentak

Selanjutnya, Distribusi Logistik (Kotak Suara, Tinta, Kertas Suara, maupun Dokumen-Dokumen Administrasi Peyelenggaraan Pemungutan Suara) dan melakukan pemantauan terhadap persiapan, dan kesiapan penyelenggara, saksi-saksi, pengawasan dan pengiriman ataupun distribusi bahan/ logistik.

“Demikian pula, dari aspek penciptaan situasi dan kondisi, Pemerintah Provinsi Lampung telah menginstruksikan kepada jajaran untuk dapat mendukung dan mendayagunakan berbagai potensi yang ada untuk membantu aparat keamanan, sehingga pelaksanaan Pemilu dapat berhasil dengan sukses,” kata Hamartoni.

Dalam kesempatan itu, Ketua Tim Delegasi Kunjungan Komisi II DPR RI ke Provinsi Lampung, Zulkifli Anwar mengatakan Lampung dalam kondisi kondusif.

“Artinya aman, terkendali, insya Allah tidak terjadi hal-hal yang di luar keinginan kita. Kalau di Lampung tidak terlalu mengkhawatirkan tentang persoalan yang akan terjadi,” ujar Zulkifli.

Baca Juga:  KPK: Jangan Pilih Pemimpin yang Suka Bagi Uang

Selain Zulkilfi Anwar, anggota Komisi II DPR RI yang datang ke Provinsi Lampung yakni Henry Yosodiningrat dari Fraksi PDIP, Susana Dachi dari Fraksi Partai Gerindra, Mohammad Hatta dari Fraksi PAN, Firmansyah Mardanoes dari Fraksi PPP, dan Tamanuri dari Fraksi Partai Nasdem.

Kedatangan Komisi II ini dalam rangka koordinasi dan memberikan masukan kepada pihak yang terlibat dalam Pilkada 2018 di Provinsi Lampung.

Zulkifli juga menyampaikan kunjungan ini terbilang spesifik untuk dijadikan referensi Komisi II apabila nanti ada hal-hal yang sifatnya perlu penanganan.

Acara kunjungan ini dihadiri juga oleh Ketua Komisi Pemilihan Umum Provinsi Lampung Nanang Tranggono dan Ketua Bawaslu Lampung Fatikhatul Khoiriyah. Nanang dan Fatikhatul menjelaskan kesiapan KPU dan Bawaslu menghadapi Pilkada Serentak 2018. (*)

Komisi II DPR RI Pilkada Serentak 2018

Posting Terkait