Gubernur Ridho Berharap Menteri Agama Dorong Lampung Jadi Embarkasi Haji Penuh

Gubernur M Ridho Ficardo

Gubernur Lampung, Muhammad Ridho Ficardo.

BANDAR LAMPUNG – Gubernur Lampung M Ridho Ficardo, mengharapkan Menteri Agama RI Lukman Hakim Saifuddin, bisa memberikan pandangan untuk mendorong Provinsi Lampung menjadi Embarkasi Haji Penuh pada 2018.

“Komunikasi khusus dengan beliau sudah saya sampaikan. Bandara internasional untuk embarkasi haji itu kan ketok palunya di Menteri Perhubungan. Jadi harapan kita, Kementerian Agama juga ikut memberikan masukan agar cepat terealisasi,” kata Gubernur Ridho, usai acara penandatanganan Prasasti dan Manasik Haji, di Asrama Haji, Rajabasa, Bandar Lampung, Selasa (19/12/2017).

Semua daya dukung seperti hibah tanah untuk pembangunan asrama haji dan lembaga pendidikan seperti di UIN (Universitas Islam Negeri) Lampung, tidak lain untuk koordinasi dan sinergitas.

Baca Juga:  Harga BBM di Dua Daerah Lampung Ini Bakal Sama dengan Jawa

“Dengan adanya pembangunan tersebut, diharapkan aparatur sipil kementerian agama yang bertugas di Lampung bisa menjadi garda terdepan dalam menjaga masyarakat kita guna memberikan pemahaman agama di tengah-tengah percepatan pembangunan yang ada,” papar Ridho.

Gubernur Ridho juga meminta agar masyarakat Lampung tetap menjadi masyarakat yang religius hingga tercipta masyarakat yang madani.

Sebelumnya, Menteri Agama RI, Lukman Hakim Saifuddin, mengapresiasi langkah Gubernur Lampung M Ridho Ficardo, yang telah menghibahkan tanah kepada Kementerian Agama RI (Kemenag) guna pembangunan asrama haji hingga ke sejumlah lembaga pendidikan.

Baca Juga:  Elpiji 3 Kg Langka, Ini Kata Pertamina

Menurut Lukman, dengan adanya hibah dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung tersebut, menandakan ada upaya dari pemprov bagaimana bentuk pelayanan terhadap masyarakat Lampung ihwal keagamaan yang nantinya menjadi semakin baik ke depannya.

“Tentu ini sesuatu yang patut kami syukuri. Karena, kami tidak bisa membangun bangunan fisik yang status tanahnya bukan milik Kemenag. Oleh karenanya ini sangat patut diapresiasi,” jelas Lukman.

Terkait dukungan Kemenag RI untuk Pemprov Lampung dalam upaya menjadikan Bumi Ruwa Jurai ini menjadi Embarkasi Haji Penuh tahun 2018 mendatang, Lukman mengaku, akan langsung mencermati hal tersebut.

Baca Juga:  Gubernur Ridho Renovasi Masjid dan Mushala se-Lampung

“Nanti kami akan kirim tim khusus untuk melakukan kunjungan secara langsung apakah segala persyaratan yang harus dipenuhi itu betul-betul sudah diselesaikan oleh Pemprov Lampung. Karena memang banyak sekali persyaratannya,” ucapnya.

Namun, kata Lukman, bila mana persyaratan itu sudah dipenuhi maka tidak ada alasan bagi Kementerian Agama RI untuk menjadikan Provinsi Lampung menjadi Embarkasi Haji Penuh.

“Ya kalau sudah artinya 2018, Lampung sudah Embarkasi haji penuh. Nanti tim khusus yang akan menyampaikan langsung ke Kemenag RI,” tandasnya.

Baca juga: Menteri Agama Lukman Saifuddin Resmikan Kampus I IAIN Metro Lampung (ZN/JS)

Embarkasi Haji Gubernur Lampung Terkini

Posting Terkait