Gubernur Sumsel : Apabila Tak Puas Dengan Pelayanan Publik Laporkan Ke Ombudsman

 

Foto: Ariyan

PALEMBANG – Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Herman Deru mengajak masyarakat apabila tidak puas dengan pelayanan publik yang ada di Sumsel, maka masyarakat bisa langsung melaporkannya ke Ombudsman.

Hal tersebut dikatannya saat peresmian Kantor Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Provinsi Sumsel yang terletak di Jalan Radio, 20 ilir  Palembang, Kamis (14/3/2019).

Dengan adanya gedung Ombudsman Republik Indonesia (RI) Perwakilan Provinsi Sumsel tersebut, Ia berharap masyarakat Sumsel dapat banyak mengetahui apa peran dari Ombudsman.

Baca Juga:  Pelayanan Publik Lamtim Jeblok

“Saya selaku pribadi maupun sebagai pemimpin di daerah ini, berharap setelah ada kantor ini diresmikan, tentunya masyarakat banyak tau apa peran ombudsman,” katanya.

Kehadiran Ombudsman RI ini menurut Deru, mampu menjembatani antara masyarakat dan penyelenggara publik di daerah dalam hal menerima penyampaian berbagai keluhan yang dirasakan oleh masyarakat terkait dalam kinerja pelayanan.

“Saran Saya bukalah pintu kantor ini seluas luasnya untuk menerima keluhan masyarakat, pastikan tidak ada kesalahan administrasi maupun pelayanan, Saya menghimbau ramah-ramahlah dalam melayani masyarakat,” ungkapnya.

Baca Juga:  Administrasi Penggusuran Pasar Griya Sukarame tidak Transparan

Sementara Ketua Ombudsman RI Prof. Amzulian Rivai menegaskan, pelayanan publik garda terdepannya adalah Aparatur Sipil Negara (ASN), sedangkan Ombudsman salah satu tugasnya adalah memastikan bahwa birokrasi berjalan dengan baik atau yang lebih dikenal dengan good governance.

Dia berharap lembaga ini dapat menekan terjadinya praktik  korupsi, kolusi dan nepotisme di dalam layanan publik di suatu daerah.

“Ketika negara dengan pelayanan publiknya baik dapat dipastikan tingkat korupsinya rendah, sebaliknya negara yang tingkat korupsinya tinggi pasti pelayanan publiknya tidak baik.Kita semua berdoa semoga daerah kita bisa menjadi lebih baik dalam hal pelayanan,” tuturnya

Baca Juga:  Ombudsman Himbau Disdik Provinsi Segera Bentuk TIM Layanan Bantuan

Dia menambahkan Ombudsman merupakan jembatan masyarakat untuk bicara mengenai pelayanan publik.

Di Indonesia masih banyak yang diskriminatif dalam memberikan layanan publik seperti pungutan liar.

“Nah Ombudsman salah satu tugasnya adalah memastikan bahwa birokrasi berjalan dengan baik atau yang lebih dikenal dengan good governance,” pungkasnya.

(Ariyan)

Gubernu Sumsel Ombudsman

Penulis: 
    author

    Posting Terkait