Gurame Saos Dan Wedang Uwuh Paling Banyak Dipesan.

Metro — Gurame Saus Singapore, dan Wrdang Uwuh menjadi menu yang paling banyak dipesan oleh para pecinta kuliner, khususnya warga Metro dan sekitarnya yang datang ke Resto Lumbung Sambel.

Tempat makan yang beralamat di Jalan AH. Nasution, No 7. Persis di samping Kanan Kantor Pertanahan Nasional Metro tersebut, suasana restonya mengusung tema suasana di Kota Jogjakarta, sehingga sajian masakannya menyesuaikan selera orang jawa.

” Menu Favorit yang banyak dipesan oleh pelanggan disini yaitu, Gurame Saus Singapore, karena menurut mereka rasanya lezat dan bentuk penyajiannya menggugah selera” ujar Chef Resto Lumbung Sambel, Lutfi, saat dihubungi, Senin(30/10).

Dia menambahkan, Gurame saus Singapore adalah turunan saus asam manis khas chinese yang diberi tambahan terasi dan balacan khas melayu dan Jawa.

Cita rasa Saus Singapore sangat lekat dengan cita rasa Jawa. Saus ini sangat cocok untuk masakan ikan dan seafoods secara umum.

Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat Gurame Saos Singapore yaitu ikan gurame, jahe, saus tomat, saus sambal, daun bawang, tomat segar, baeang merah, bawang putih, air, terasi, telur ayam, garam.

Tenik menyajikannya gurame di fillet sebelah kanan dan kiri, sehingga memungkinkan gurame untuk berpose seperti berenang.

Gurame digoreng dengan bumbu dan rempah pilihan, sampai kuning kecoklatan. Angkat lalu ditiriskan.

Siram gurame dengan saus singapore yang masih panas. Diamkan beberapa saat agar saus meresap ke dalam gurame.

Sebelum disajikan, Gurame Saus Singapore akan dihias dengan garnish unik ala hotel bintang. Sehingga, selain rasanya sangat lezat, penampilannya pun memukau menggugah selera.

“Satu lagi, harganya pun cukup terjangkau. Gurame Asam Singapore hanya dibanderol 10k per ons.

Hemmm, nikmat, memikat serta hemat” kata Chef Lutfi.

Lutfi menjelaskan, selain menyediakan berbagai menu makanan yang lezat, di resto ini juga tersedia aneka minuman segar, salah satu yang paling banyak pemesannya ialah Wedang Uwuh.

Wedang Uwuh adalah minuman Khas Imogiri Yogyakarta. Disebut Wedang Uwuh (Wedang Sampah) karena berisi seratan kayu secang, daun salam, pandan dan jahe, jadi sekilas terlihat seperti sampah.

Wedang uwuh sangat nikmat disajikan panas atau hangat. Bercita rasa manis dan pedas dengan warna merah cerah dan aroma harum.

Rasa pedas karena bahan jahe, sedangkan warna merah karena adanya secang. Daun salam dan pandan menambah sensasi rasa Wedang uwuh ini menjadi lebih istimewa.

Wedang uwuh dipercaya dapat meringankan masuk angin dan badan yang lelah. Minum Wedang Uwuh di Lumbung Sambel laksana sedang berada di Yogyakarta.

Sementara itu, owner Resto Lumbung Sambel, Eko Desrianto menjelaskan, penangung jawab soal rasa makanan di Resto Lumbung Sambel, ialah Chef Lutfi. Di semua menu makanan yang disajikan di resto ini sama sekali tidak menggunakan penyedap rasa, sehingga lebih sehat bagi yang menyantapnya.

Juru masak di resto ini sudah lihai dalam mengolah bahan makanan sehingga dipastikan rasanya sangat cocok dengan selera banyak orang.

Chef Lutfi yang saat ini dipercaya untuk urusan rasa makanan, ialah seorang yang telah berpengalaman, dia pernah menjadi chef di hotel ternama selama 5 tahun, sehingga makanan hasil racikannya dipastikan sudah teruji dan tidak diragukan lagi kelezatannya.

Ciri khas dari resto ini ialah area makan yang dibuat dengan tema Jogja. Hal itu membuat yang makan seperti ada di kota daerah pulau Jawa tersebut, juga kebetulan di Kota Metro Sendiri, mayoritas penduduknya banyak yang berasal dari Jawa.

“Masyarakat yang mempunyai kenangan di Jogjakarta, bisa mencoba makan di Resto Lumbung Sambel yang suasananya tempat makannya mirip kaya di Jogja” kata Eko. (IH)

Gurame Saos

Posting Terkait