Habiskan Rp1,2 Miliar, Lampu Jalan di Mesuji Timur Tak Berfungsi

Warga Mesuji Timur menunjukkan salah satu titik lampu jalan yang tidak pernah menyala | Foto: Nanang/Fajar Sumatera

MESUJI  – Masyarakat dari beberapa desa yang ada di Kecamatan Mesuji Timur keluhkan penerangan lampu jalan yang belum lama dipasang oleh Pihak Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Mesuji pada akhir Desember lalu, sudah banyak yang tidak menyala atau mati.

Melalui pemerintahan desa, lapisan masyarakat di Mesuji timur sudah beberapa kali melaporkan hal tersebut ke dinas terkait, namun  hingga saat ini belum ada tindakan dan tanggapan masalah lampu penerangan jalan ini.

“Lampu penerangan jalan ini sepengetahuan saya  belum lama di pasang, sekitar akhir tahun 2019 lalu kalau tidak salah yang masang itu orang Dinas Lingkungan hidup dan masalah ini sudah  kami laporkan ke dinas terkait namun sampai saat ini tidak ada tanggapan, percuma saja dipasang kalo tidak hidup itu sama saja menghamburkan uang negara” keluh Yatno salah seorang warga Desa Eka Mulya, Kecamatan Mesuji Timur.

Baca Juga:  Rumah Pajang Bumdes Mesuji Timur Tinggal Kenangan

Sedangkan pihak Dinas Lingkungan Hidup melalui Kasi Kelistrikan, Welly saat di minta keterangan awak media terkait laporan masyarakat yang tidak di tanggapi oleh Dinas Lingkungan Hidup  menyebutkan bahwa saat ini jadwal dinas sedang padat, dan tenaga tehnis Dinas hanya dua orang saja,  di tambah lagi Kendaraan Dinas  (randis) sky lift yang untuk menangani masalah lampu penerangan jalan tersebut juga sedang kurang normal atau fit.

Baca Juga:  Warga Diminta Jaga Lampu Jalan & Rambu Lalu Lintas Bantuan Kemenhub

“Saat ini saya bersama Kadis dan Kabid sedang di luar, dan masalah itu Bukan tidak ada tanggapan, tetapi memang jadwal kami masih sangat padat tenaga teknisi kami hanya ada 2 orang dan harus mengcover satu Kabupaten dan Randis kami sky lift juga lagi kurang fit kondisi nya, Rencananya baru mau di masukkan bengkel, Mohon bersabar  nanti pasti kami cek,” ucapnya singkat melalui sambungan telepon  selulernya pada Senin (17/2).

Sedangkan info yang didapat  awak media dari sumber di percaya mengatakan bahwa pengadaan lampu Penerangan Jalan Umum (pju) tenaga surya tersebut mengahabiskan anggaran sekitar Rp1,2 Miliar pada Tahun Anggaran 2018.

Baca Juga:  Warga Diminta Jaga Lampu Jalan & Rambu Lalu Lintas Bantuan Kemenhub

Sedangkan untuk pengadaan lampu jalan oleh pihak rekanan pada saat itu di ketahui selesai. Namun belum sempat lampu-lampu tersebut di pasang  Bupati Mesuji non aktif Khamami saat itu tesandung masalah operasi tangkap tangan oleh KPK.

Di tambah lagi pengadaan lampu jalan tersebut  ada temuan masalah oleh pihak BPK, maka untuk pemasangan lampu-lampu itu di hentikan dan pihak rekanan di wajibkan mengembalikan uang pemasangan kepada daerah (kasda), baru pada tahun 2019. lampu-lampu itu di pasang di jalan umum desa-desa namun aneh nya pemasangan lampu penerangan jalan tersebut tidak lagi memakai pihak ketiga atau rekanan melainkan pihak dinas sendiri yang memasang dengan dasar surat perintah(SPT) dari Bupati Mesuji.(NNG/DF)

Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Mesuji lampu jalan Mesuji Timur

Posting Terkait