Hamami Ria Sosialisasi Aturan Baru

MENGGALA – Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Daerah Tulangbawang Hamami Ria menyatakan akan mensosialisasikan aturan baru sekaligus pembinaan terhadap seluruh LSM, Ormas, maupun OKP, tahun ini.

Pasalnya menurut Hamami pada tahun ini hampir semua aturan yang berkaitan dengan pemberdayaan terhadap LSM dan Ormas dan OKP se Tulangbawang khususnya telah banyak mengalami perubahan dalam tata tertib aturan yang diberlakukan.

Seperti salah satu contoh menurut Hamami mengenai adanya Permendagri No. 58 tentang Tata Cara Administrasi mengenai tatib registrasi pendaftaran ulang terhadap LSM dan Ormas se Tulangbawang yang masih aktif.

“Karena saat ini LSM dan Ormas se Tulangbawang kita ini semakin banyak akan tetapi banyak juga yang belum melakukan registrasi dan pendaftaran ulang sehingga keluarlah peraturan baru yang mengharuskan registrasi secara langsung ke pusat bagi seluruh LSM dan Ormas se Tulangbawang yang memang masih mau aktif,” papar Hamami Ria, Senin (16/7/2018).

Oleh karena itu Hamami menerangkan berdasarkan dan merujuk aturan yang baru ditetapkan dan diberlakukan maka pihaknya dalam APBD Perubahan tahun ini telah menganggarkan dana secara khusus guna merealisasikan program aturan pemerintah pusat.

Sebab menurut Hamami dalam aturan tersebut telah dijelaskan dan ditetapkan jika semua LSM dan Ormas se Tulangbawang yang masih aktif diwajibkan untuk mendaftar ulang dan registrasi secara langsung kepada pemerintah.

“Aturannya jelas seluruh LSM, Ormas maupun OKP harus melakukan regestrasi ulang. Ini penting agar kami pemerintah juga tahu keberadaanya dan sewaktu-waktu ada hal penting contohnya ada undangan kegiatan yang berkaitan dengan LSM, Ormas dan OKP kami mudah menghubunggi domisi masing-masing,” terangnya.

Untuk itu Hamami menjelaskan mengingat saat ini memasuki bulan Juli proses registrasi yang dilakukan oleh LDM masih berjalan kisaran 10% saja.  “Karena terus terang saja apabila sampai tidak registrasi dalam tahun ini maka baik LSM ataupun Ormas kami anggap ilegal dan tidak berhak menerima bantuan apapun dari pemerintah karena melanggar aturan,” tegasnya.

Jadi Hamami menambahkan kepada seluruh LSM dan Ormas yang merasa masih aktif diminta segera lakukan registrasi ulang ke pemerintah pusat tersebut. “Sebab kalau tidak segera registrasi jangan salahkan kami lagi nantinya karena yang akan kami libatkan dalam kegiatan Pemkab temasuk dalam proses pembinaan nantinya hanya LSM dan Ormas, maupun OKP yang jelas dan sudah melakukan registrasi ulang atau terdaftar pada Kesbangpol,” pungkasnya.(MR)

Hamami Ria Sosialisasi Aturan Baru

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    Tinggalkan pesan