Hanan Lantik 5 Kakam

MENGGALA – Bupati Tulangbawang Hanan A Rozak melantik lima kepala kampung (kakam), dari tiga kecamatan, di Kampung Bangunrejo, Kecamatan Meraksaaji, Rabu (22/11).

“Dalam menyelenggarakan otonomi kampung, sebagai wujud upaya mengatur dan mengurus rumah tangga kampung, maka kampung memiliki kewenangan yang telah ada sebagai hak asal usul kampung,” kata bupati.

Kewenangan itu meliputi menetapkan peraturan, menyelenggarakan pemerintahan, memiliki pimpinan, memiliki kekayaaan, menggali dan menetapkan sumber-sumber pendapatan.

Memberdayakan masyarakat untuk bergotong royong dan berpartisipasi dalam pemerintahan dan pembangunan, mendamaikan perselisihan yang terjadi antar warga.

Dalam rangka menyelenggarakan kewenangannya dibutuhkan kepemimpinan mumpuni, yang memahami kebutuhan serta masyarakatnya. Adapun proses pemilihan kakam telah diatur dalam peraturan perundang-undangan dengan mekanisme serta persyaratan yang diharapkan mampu memunculkan kepala kampung yang didukung oleh sebagian besar masyarakat kampung.

Baca Juga:  Parosil Beri Pengarahan Peratin

Oleh karena itu, sesungguhnya kakam mengemban amanat yang tidak ringan dalam rangka penyelenggaraan pemerintahan. Harus mampu menjawab tantangan pembangunan yang semakin kompleks serta mampu menempatkan diri di atas semua kepentingan masyarakat kampung, demi membangun serta memajukan kampung dan warganya.

Dalam penyelenggaraan pemerintahan kampung hendaknya perlu ditumbuhkembangkan partisipasi dan peranserta aktif masyarakat dalam proses pemerintahan serta pembangunan.

Baca Juga:  Dendi Pergoki Indisipliner Pegawai

Pelayanan prima dan keterbukaan informasi dalam proses penyelenggaraan pemerintahan khususnya perencanaan dan pelaksanaan kegiatan di kampung harus senantiasa ditonjolkan.

Hal ini akan mendorong tumbuhnya iklim demokratisasi di kalangan masyarakat, yang pada gilirannya akan mendorong partisipasi yang lebih luas dalam seluruh bidang dan peri kehidupan masyarakat kampung.

Mereka yang dilantik itu diminta agar bekerja dan laksanakan tugas dengan sungguh-sungguh dan penuh tanggung jawab sesuai dengan fungsi dan tugas Saudara.

Mengingat tuntutan serta harapan masyarakat kampung untuk peningkatan pelayanan serta kesejahteraan, sejak hari ini hingga enam tahun kedepan, diamanatkan sekaligus sangat tergantung pada kinerjanya.

Baca Juga:  Samsul Hadi Sosialisasi KLA

Kepala Kampung dan BPK merupakan mitra. Untuk itu harus dapat membangun komunikasi yang harmonis dengan BPK, sekaligus bersinergi dengan tetap dan terus melakukan koordinasi maupun konsultasi serta bekerja sama dalam penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan serta pembinaan kemasyarakatan di kampung.

Menggalakkan upaya pemberdayaan seluruh komponen yang ada di kampung baik kelembagaan kemasyarakatan maupun warga masyarakat kampung secara keseluruhan sehingga akan mendorong terwujudnya kemandirian kampung baik dari aspek sosial maupun aspek ekonomi.(*)

297 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

5 a Bupati Hanan Kakam Lantik rozak Tuba Tulangbawang

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    Tinggalkan pesan