Harga BBM di Dua Daerah Lampung Ini Bakal Sama dengan Jawa

Ilustrasi.

BANDARLAMPUNG – Sekitar empat titik lembaga penyalur resmi Bahan Bakar Minyak (BBM) satu harga akan diresmikan di 2018 mendatang. Hal ini menyusul diresmikannya lembaga penyalur BBM di Pulau Enggano, Kabupaten Bengkulu Utara, Provinsi Bengkulu.

GM Pertamina MOR II Sumbagsel Erwin Hiswanto mengungkapkan keempat titik lembaga penyalur BBM satu harga yang akan diberlakukan tahun depan, antara lain dua di Sumatera Selatan dan dua lagi di Lampung.

“Sumbagsel di Lalan Banyuasin di Sumsel, kedua Muara Karang Sumsel. Kemudian Pesisir Barat Provinsi Lampung, satu lagi Lampung Barat,” kata Erwin di Bengkulu seperti dilansir Detikcom, Jumat (8/12/2017).

Ke depan, Pertamina juga akan terus menambah jumlah lembaga penyalur resmi sehingga masyarakat di pelosok bisa menikmati harga BBM yang sama seperti di Pulau Jawa. Utamanya adalah BBM jenis Premium dan Solar dengan harga masing-masing Rp 6.450 per liter dan Rp 5.150 per liter.

“Di Sumbagsel ini akan berkembang terus,” ujar Erwin.

Program BBM Satu Harga merupakan upaya Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam memberikan keadilan bagi masyarakat Indonesia yang berada di wilayah terpencil, terluar, dan terjauh (3T), di mana harga BBM relatif lebih tinggi dibandingkan wilayah Jawa atau perkotaan, karena tidak ada lembaga penyalur resmi di wilayah tersebut.

Untuk mendukung kebijakan BBM satu harga, Menteri ESDM telah menerbitkan Peraturan Menteri (Permen) ESDM Nomor 36 tahun 2016 tentang Percepatan Pemberlakuan Satu Harga Jenis Bahan Bakar Minyak Tertentu dan Jenis Bahan Bakar Minyak Khusus Penugasan Secara Nasional.

Tujuan Permen ESDM tersebut adalah untuk percepatan pemberlakuan Harga Jual Eceran BBM yang sama untuk seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia. Adapun jenis BBM yang diatur adalah jenis BBM tertentu yaitu minyak solar 48 (Gas Oil) dan Minyak tanah dan BBM Khusus Penugasan (JBKP) yaitu bensin (Gasoline) RON 88. (dtc)

1,243 kali dilihat, 7 kali dilihat hari ini

Berita Terkait

Leave a Comment