Hasil Evaluasi Komjak: Tidak Ada Kekeliruan Penanganan Aset-aset Milik Alay

Kata Komjak, Penanganan Aset-aset Milik Alay Oleh Kejati Lampung Tidak Ada Pelanggaran

Sugiharto Wiharjo alias Alay. Foto: Istimewa.

Fajar Sumatera – Komisi Kejaksaan [Komjak] turut mengevaluasi penanganan aset-aset milik Sugiharto Wiharjo alias Alay yang berada di tangan jajaran Kejaksaan Tinggi [Kejati] Lampung. Komjak bahkan telah melakukan permintaan klarifikasi dan wawancara kepada pejabat yang ditugaskan dalam hal penanganan aset Alay.

“Kita sudah mintakan klarifikasi dan sejauh ini penanganannya juga belum ada bukti pelanggaran. Mereka [jaksa_read] sudah berusaha,” tutur anggota Komjak Ibnu Mazjah saat ditemui Fajar Sumatera di Kejati Lampung, Kamis, 19 November 2020.

Baca Juga:  Besok, Ketua KPK Firli Bahuri Kunjungi Polda & Kejati Lampung

Komjak diketahui menerima pengaduan terkait aset Alay. Hal itu lah yang kemudian menjadi alasan dari kunjungan Ibnu Mazjah ke Kantor Kejati Lampung, yakni dengan melakukan tindak lanjut dari aduan masyarakat tersebut.

Sejauh yang didapati Komjak dari hasil evaluasinya, status kepemilikan aset Alay itu tidak menggunakan nama Alay. Melainkan mengatasnamakan oranglain. ”Aset-aset tersebut kepemilikannya itu tidak atas nama yang bersangkutan,” ungkapnya.

Baca Juga:  Kejati Lampung Telusuri Informasi Jaksa yang Diduga Bertemu dengan Kerabat Berperkara

Ibnu Mazjah mengurai dalil Komjak yang mengatakan bahwa penanganan aset milik Alay tidak bertendensi melanggar. “Kasi Pidsus-nya tadi ikut ekspose. Kami membutuhkan penjelasan di level teknisnya,” tuturnya.

Pejabat yang dimaksud Ibnu Mazjah diketahui adalah Kasi Pidsus Kejaksaan Negeri Bandar Lampung Basuki Raharjo. Penegasan soal sosok Basuki Raharjo ini diafirmasi oleh Kepala Kejaksaan Negeri Bandar Lampung Abdullah Noer Deny.

Baca Juga:  Jatuhkan Sanksi ke Jamal, Inspektorat Koordinasi dengan Kejati

“Kegiatan itu berlangsung tadi pagi. Yang menjelaskan soal aset itu bukan saya, kasi pidsus saya,” tuturnya kepada Fajar Sumatera saat ditemui di Kantor Kejati Lampung.

Reporter: Ricardo Hutabarat

Alay Ibnu Mazjah Kejati Lampung Komjak

Posting Terkait