Hujan Disertai Angin Hanyutkan Ruko Iwan di Balik Bukit

Ruko salah seorang warga yang hanyut terbawa derasnya arus sungai akibat dari tingginya curah hujan disertai angin terjadi di Kecamatan Balik Bukit Lampung Barat. (Foto ist)

Liwa – Hujan deras disertai angin kencang yang mengguyur Liwa akhir-akhir ini telah menyebabkan longsor hingga mengakibatkan hanyutnya tambal ban milik lekat (40) dan ruko Iwan Riadi (45), di km 8 dari arah Liwa menuju Krui atau tepatnya di Kawasan TNBBS pekon Kubuperahu, Kecamatan Balik Bukit, Minggu (26/11) sore.

Hal tersebut terjadi akibat intensitas hujan disertai angin yang lebat dari pkl 11.00 hingga pkl 17.00 Wib. Menyebabkan dua titik longsor dan tambal ban serta ruko masyarakat hanyut.

Longsor pertama terjadi di km 8. Di atas tebing, hingga tanah longsorannya turun dan menutupi jalan. Sementara untuk titik yang ke dua bersebelahan dari longsor pertama, mengakibatkan pohon serta tiang listrik roboh dan menutupi jalan.

Sisa sisa ruko Iwan (ist)

Lalu puncaknya sekitar pkl 16.30 Wib, sungai Wai Laai meluap dan mengikis pinggiran tanah bangunan tambal ban dan ruko yang berada di pinggir sungai hingga menyebabkan bangunan roboh dan hanyut terbawa arus.

Peratin Pekon Kubuperahu Eri Susianto mengatakan, pihaknya berharap pemkab setempat bisa memberikan bantuan untuk meringankan beban korban saat ini. “Kami ikut prihatin dengan musibah yang ditimpa korban, jadi harapan kami pemkab bisa memberikan bantuan berupa materi kepada korban. Dan saya juga selaku pratin meminta warga untuk berhati-hati mengingat saat ini memasuki musim penghujan terutama bagi warga yang rumahnya dekat dengan tebing”, ujarnya.

Kepala BPBD Lambar Maidar menuturkan, saat ini petugas masih mendata dilapangan. Setelah itu akan dilaporkan ke BPBD Provinsi, apakah nantinya ada bantuan atau tindakan lainnya.

Untuk sementara ini, kendaraan R4 maupun R2 sudah bisa melintasi dengan secara bergantian. Namun R6 dan R12 blm bisa melalui jalur tersebut dikarenakan badan jalan masih tertutup sisa longsoran. (Fb)

 

467 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Balik Bukit Hujan Deras

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    Tinggalkan pesan