IHSG Diprediksi Menguat pada Awal Pekan Ini

Karyawan melintas di bawah layar monitor pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Kamis (13/9/2018). (Istimewa)

JAKARTA – Indeks harga saham gabungan (IHSG) pada awal pekan ini diprediksi akan menguat. Pada penutupan perdagangan pekan lalu, IHSG ditutup melemah 0,43% atau 24,68 poin ke level 5.731,93.

Nilai kapitalisasi pasar pada pekan lalu mengalami perubahan sebesar 4,08% ke posisi Rp6.462,42 triliun dari Rp6.737,43 triliun pada pekan sebelumnya. Namun, rata-rata volume transaksi harian BEI mengalami peningkatkan 6,39% menjadi 10,99 miliar saham.

Rata-rata nilai transaksi harian BEI selama sepekan terakhir mengalami perubahan sebesar 3,13% menjadi Rp6,96 triliun, dan rata-rata frekuensi transaksi harian meningkat 12,95% menjadi 383,14 ribu kali.

Seperti yang dilansir dari bisnis.com, Head of Research Reliance Sekuritas Indonesia Lanjar Nafi mengatakan, secara teknikal pergerakan IHSG membentuk pola terkonsolidasi dengan candlestick doji pada momentum dan trend pergerakan bearish jangka menangah.

Indikator Stochastic menurutnya masuk pada area jenuh jual dengan momentum bearish RSI yang menekan. Meskipun demikian potensi reversal jangka pendek hingga technical rebound memiliki peluang cukup besar.

“Sehingga diperkirakan IHSG akan bergerak mencoba menguat diawal pekan dengan rentan pergerakan 5.705-5.820,” kata dia dalam riset yang dikutip Minggu, (7/10/2018).

Saham yang direkomendasikan Lanjar pada perdagangan hari ini adalah ANTM, BBNI, BBRI, BDMN, BMRI, INCO, INTP, LSIP, KLBF, BRPT, INKP, PTRO, dan UNVR.

Vice President Research Department PT Indosurya Bersinar Sekuritas William Surya Wijaya mengatakan, mengawali pekan kedua pada kuartal IV/2018, kondisi pergerakan IHSG masih terlihat akan bergerak moderat dengan potensi menguat yang masih tergolong cukup besar.

Hal ini menurutnya ditopang oleh kondisi fundamental perekonomian yang cukup baik serta langkah sigapnya pemerintah dalam mengantisipasi gejolak perekonomian.

“Hari ini IHSG berpotensi menguat dengan kisaran 5.688-5.872,” kata dia.

Adapun saham yang direkomendasikan William pada perdagangan hari ini adalah ASRI, PWON, SMRA, SCMA, TLKM, AKRA, BBNI, WIKA, dan INDF. (net)

IHSG

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    Tinggalkan pesan